Published On: Thu, Dec 10th, 2015

Hadapi MEA Balai Hiperkes Maluku Ajukan RanPerda Retribusi

Share This
Tags

Ibu WitBalai Pengembangan Keselamatan Kerja dan Hiperkes seluruh Indonesia sudah mempunyai Perda Retribusi sedangka Provinsi Maluku belum, sehingga Kepala Balai Pengembangan Keselamatan Kerja dan Hiperkes Maluku berkeinginan agar Maluku juga harus mempunyai Perda Retribusi.

Keinginan itu kini sedang dalam proses yaitu pihaknya sudah mengajukan telaah staf kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku dan selanjutnya Dinas mengajukan telaah kepada Pemerintah Provinsi Maluku dan mendapat respons positif.

Demikian penjelasan Kepala Balai Pengembangan Keselamatan Kerja dan Hiperkes Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Maluku Dra. Sawitri kepada Tribun-Maluku.com diruang kerjanya, Kamis (10/12).

Dikatakan, Rancangan Perda (Ranperda) ini juga telah dikonsultasikan dengan Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku bagian Perda, dan ternyata tidak perlu ada naskah akademik karena fokus dari konsep RanPerda ini ujung-ujungnya adalah Retribusi.

Tidak benar jika konsep RanPerda yang diajukan itu terkesan tambal sulam. Proses dan mekanisme pengusulannya sudah melalui berbagai tahap dan kini tidaka ada masalah, justru semua pihak mendukung hal ini apalagi kita akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) nanti.

Perjuangan untuk adanya Perda Retribusi ini agar Balai yang dipimpin Sawitri bisa memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun-tahun mendatang.

Usulan RanPerda itu kini sudah diajukan ke DPRD Provinsi Maluku sehingga tinggal menunggu hasil pembahasan DPRD saja.

Jika usulan RanPerda ini disetujui, maka akan memberikan peluang besar bagi Balai Hiperkes Maluku untuk memperoleh PAD yang cukup signifikan, karena beberapa perusahan di Maluku ingin memanfaatkan jasa dari Balai ini cukup besar.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>