Published On: Mon, Jan 18th, 2016

Hamin Bin Thahir Dilantik Jadi Sekda Maluku

Share This
Tags

1Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff melantik dan mengambil sumpah Hamin Bin Thahir selaku Sekda Maluku, dengan Keppres Nomor 33/TPA Tahun 2015, bertempat di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Senin (18/1).

Sekda Maluku yang baru dilantik ini mendapat tiga tugas penting dan strategis dari Gubernur Maluku yaitu Pertama, Penyerahan dokumen APBN maupun APBD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Menurut Gubernur, Sekda diminta mendorong ketepatan penyerapan anggaran, baik dari sisi penyerapan maupun efektifitas dan efisiensi penggunaan, termasuk pengawasannya.

“Ini penting agar Provinsi Maluku dapat turut berkontribusi bagi bergeraknya roda perekonomian secara nasional,” katanya.

Disaat yang sama, pemanfaatan dana-dana desa yang cukup banyak mesti pula diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Gubernur juga minta Sekda yang baru, untuk mengontrol secara baik SKPD maupun tingkatan pemerintahan di daerah yang bertanggung jawab untuk hal ini, agar hasilnya dapat sesuai target-target nasional.

Gubernur berharap Sekda mencermati hal ini, sehingga daya saing daerah dapat ditingkatkan, produktifitas daerah maupun Pendapatan Asli Daerah dapat juga ditingkatkan.

“Karena itu, ide-ide inovatif sebagai terobosan untuk mendatangkan investor ke Maluku mesti dikonkritkan,” ucapnya.

Pada poin Kedua, selaku pimpinan eksekutif, Gubernur berharap sekda menjaga harmoni dan semangat kemitraan eksekutif-legislatif yang telah baik, agar menjadi lebih baik lagi.

Ketiga, Seiring dengan dinamika pemerintahan yang begitu cepat terjadi, sekda diminta untuk mempersiapkan langkah-langkah strategis mengantisipasi hadirnya aturan-aturan turunan sebagai implementasi dari Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014.

“Karena itu, perlu kiranya dilakukan kajian dan analisis yang komprehensif tentang komposisi dan struktur organisasi SKPD agar diselaraskan dengan TUPOKSI di tingkat Kementerian yang mengalami pergeseran-pergeseran,” katanya.

Assagaff menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada sekda sebelumnya yaitu Ros Far-Far, SH. MH atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah diberikan selama menjabat sebagai Sekretaris Daerah Maluku.

Penghargaan juga disampaikan kepada Bapak DR. Anthonius Sihaloho, yang telah menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Maluku.(Tribubmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>