Published On: Thu, Dec 18th, 2014

Hampir Sepekan Kantor Walikota Tual Masih Disasi

Share This
Tags

Walikota Tual, Mahmud M Tamher mengakui kantornya masih disasi adat. Ia bahkan mengaku tidak berwenang untuk mencabut sasi yang dilakukan kelompoknya. Pasalnya, sasi tersebut dilakukan tua-tua adat di Kota Tual.

“Jadi karena sasi itu dilakukan oleh tua-tua adat, saya tidak punya wewenang untuk mencabutnya. Yang mesti cabut itu tua-tua adat sendiri. Memang mereka adalah kelompok saya yang pro terhadap saya. Tapi saya tidak berwenang untuk mencabutnya karena ini adat,” jelas Tamher kepada Siwalima di Peng­adilan Tipikor Ambon Rabu (17/12).

Saat ditanya sasi tersebut tidak mempengaruhi pelayanan publik di Kota Tual, dengan tegas Tamher mengaku hal itu tidak mempe­ngaruhinya.

“Oh tidak, pelayanan publik tetap jalan seperti biasanya. Siatuasi keamanan di Kota Tual juga aman. Jadi sasi memang ada, tapi tidak mempengaruhi aktivitas masyarakat dan pelayanan publik di Kota Tual,” akui Tamher.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Kota Tual ini dengan lapang dada mengaku seba­gai warga negara yang baik, dirinya siap mengikuti seluruh proses hu­kum melalui peradilan terkait perkara dugaan penyelewengan dan asu­ransi yang sementara dijalaninya.

“Saya tetap menghargai proses hukum yang sementara berjalan. Sebagai warga negara yang baik saya tetap mengikutinya,” ungkap Tamher.

Sebagaimana diberitakan sebe­lum­nya, pendukung Walikota Tual MM Tamher melakukan sasi adat terhadap Kantor dan Pendopo Walikota Tual, Jumat (12/12) malam.

Sasi adat tersebut dilakukan karena pendukung Tamher tak me­nginginkan caretaker yang berasal dari pejabat Pemprov Maluku sebagaimana yang telah diusulkan Gubernur Maluku Said Assagaff ke Mendagri Tjahjo Kumolo.

Gubernur mengusulkan tiga pejabat pemprov sebagai kandidat caretaker. Tiga pejabat dimaksud yaitu Inspektur Provinsi Maluku Samuel Risambessy, Asisten II Sekda Udjir Halid dan Kepala Bapedalda Vera Tomasoa.

Informasi yang dihimpun Siwalima, Jumat (12/12) menyebut­kan, massa pendukung Tamher turun ke jalan melakukan sasi adat, di dua titik berbeda, masing-masing di Kan­tor Walikota Tual Pendopo Walikota Tual sekitar pukul 20.00 WIT.

Kendati demikian, proses sasi adat terhadap dua fasilitas peme­rintah itu berjalan aman tanpa ada gejolak apapun. (S5)

 

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>