Published On: Tue, Nov 14th, 2017

Hari Ini Kapolri Jadi Irup HUT Brimob

Share This
Tags

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dipastikan hari ini Selasa (14/11) menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-72 Korps Brimob Polri.

Upacara ini dipusatkan di Lapangan Chr Tahapary Tantui Ambon, dengan komandan upacara Komandan Pasukan Gegana Korps Brimob Brigjen Imam Widodo sementara perwira upacara Komandan Pasukan Pelopor Korps Brimob Brigjen Abdul Rohman.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Panglima TNI Jen­deral Gatot Nurmantyo akan mendapat gelar warga K­ehormatan Korps Brimob.

Pemberian gelar tersebut akan ditandai dengan penye­matan seragam loreng khas Bri­mob yang akan disemat­kan oleh Komandan Korps Bri­mob Irjen Murad Ismail ke­pada Panglima TNI.

Seragam tersebut sebelum­nya dibawa oleh penerjun pa­yung Kompol Kevin Leleury  dari Brimob Resimen 2 Pelo­por.

Selain Panglima TNI, gelar warga kehormatan juga dibe­rikan kepada Kapolda Kalsel Brigjen Rahmat Mulyana, Ka­polda Bengkulu Brigjen Coki Manurung, Kapusdokkes Pol­ri Brigjen Arthur Tampi,  Karumkit Bhayangkara RS Soekanto Brigjen Didi Agus Mintadi, Wakapolda Kaliman­tan Selatan Kombes Nasri, Gu­bernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Walikota Subulussalam Merah Sakti, Bupati Aceh Barat Daya Akmal Ibrahim, Bupati Ogan Ilir Muhammad Ilyas Panji Alam,  Bupati Musi Banyu Asin Dody Reza Alex Nurdin, Walikota Palembang Harno­joyo, wirausaha Andi Syam­sudin, Bupati Sukoharjo War­doyo Wijaya dan wirausaha Amar Maruf.

Kunjungi Mapolda

Sehari sebelum menjadi Irup puncak HUT Brimob, Kapolri sempat melakukan tatap muka bersama seluruh jajaran Polda Maluku.

Tatap muka berlangsung di Rupatama Mapolda Maluku yang dihadiri oleh Kapolda Maluku Irjen Deden Juhara, Wakapolda Brigjen Daniel Pasaribu, seluruh pejabat polda dan Kapolres se-Maluku.

“Saya sudah beberapa kali hadir di sini dengan beberapa acara diantaranya dengan ba­pak presiden, kegiatan ormas dan lainnya tetapi baru kali ini saya berkunjung resmi ke Ma­polda dan memberikan arahan kepada seluruh jajaran Polda. Saya menerima laporan ten­tang situasi kamtibmas di wila­yah Maluku dan kemu­dian saya memberikan ara­han-ara­han apa yang perlu kita hada­pi baik secara lokal maupun dalam konselasi se­cara nasio­nal,” tandas Kapolri kepada wartawan di pelataran Ma­polda Maluku, Senin (13/11).

Kapolri mengaku, saat per­te­muan itu juga ia meminta adanya perbaikan-perbaikan untuk Polda Maluku melalui rekruitmen-rekruitmen polri.

“Untuk rekruitmen saya minta datangi sekolah-seko­lah, pesantren-pesantren atau gereja-gereja yang memiliki kader-kader anak-anak muda tamat SMA yang masuk polisi agar dipersiapkan sehingga bisa berlaku prinsip local boy atau local job artinya pe­kerjaan dan tugas-tugas wila­yah itu dikerjakan masyarakat lokal terutama bintara,” ungkapnya.

Kapolri juga menyam­paikan, maksud dan tujuan­nya ke kota Ambon adalah untuk menghadiri HUT Bri­mob Polri ke-72 yang dipu­satkan di Kota Ambon.

“Saya juga berkunjung ke Ambon dalam rangka meng­hadiri Upacara HUT Brimob yang akan berlangsung be­sok (hari ini-red). Saya selaku inspektur upacara. Tahun ini sengaja kita berlakukan upa­cara di Ambon ini biasanya dilaksanakan di Jakarta dan beberapa tempat lain tetapi kali ini di Ambon,” kata Kapolri.

Jenderal dengan empat bin­tang dipundaknya ini me­nyam­paikan tujuan pelaksa­naan HUT Brimob dipusatkan di Kota Ambon karena Ambon sangat stra­tegis karena menjadi kota pusat pangkalan gerak untuk mem-back up wilayah-wila­yah lain di Indonesia bagian timur.

“Seperti kita melihat bahwa Papua yang relatif ada dinamika  politik dan keamanan di sana pilkada belum usai kemudian masalah kelompok bersenjata, kemudian kita melihat di  Ma­luku Utara juga rawan jaringan-jaringan dari Filipina Selatan.  Tempat yang paling strategis untuk mengkafer wilayah-wilayah itu adalah Ambon. Kalau dari Sulsel jauh apalagi dari Jakarta. Ambon lengkap insfrastrukturnya, ada Guber­nur, Walikota, Pangdam dan jajaran, Kapolda dan jajaran semua ada,” ungkapnya.

Dengan demikian, katanya, jika terjadi sesuatu hal atau peristiwa-pwristiwa di bagian timur maka bia ditempatkan pasukan Brimob Ambon un­tuk mem-back up wilayah lain, karena dalam sisten ma­najemen Polri kalau satu wila­yah kerepotan maka akan di-back up oleh wilayah lain, se­hingga pasukan dari Ambon bisa back up wilayah lain.

Kapolri tidak sendiri, ia didampingi sejumlah petinggi Mabes Polri diantaranya Asisten SDM Polri Irjen Arief Sulistiyanto, Karo Jianstra  Brigjen Wahyu Widara, Karo Penmas Devisi Humas Brigjen Rikwanto, Karo Provost Devisi Propam Polri Brigjen Refdi Andri dam Koorspripim Kombes Rachmat Wibowo.

Nantinya saat puncak upa­cara HUT Brimob, sejumlah perwira tinggi Polri juga akan hadir yaitu Kalemdiklat Kom­jen Unggung Cahyono, Ka­ba­reskrim Polri Komjen Ari Dono, Kakor Sabhara Irjen Umar Septono, Asrena Ka­polri Irjen Bambang Sunar­wibowo, Irwil IV Itwasum Brigjen Endang Suryadarma, Kepala Pusat Dokkes Brigjen Arthur Tampi, Karumkit Bha­yangkara RS Soekanto Brigjen Didi Agus Mintadi, Staf Ahli Kapolri  Irjen Tugas Dwi Apriyanto, Wakil Kabaintelkan Irjen Lucky Hermawan, Kapuskeu Brigjen Bambang Ghiri, Kapuslitbang Brigjen S Mamadoa dan Karo Plas Slog Brigjen Pol Edo Widodo. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku