Published On: Wed, Dec 20th, 2017

Hari Ini, PPP Umumkan Rekomendasi

Partai Persatuan Pemba­ngu­nan dijadwalkan, hari ini Rabu (20/12) akan meng­umumkan rekomendasi ca­lon Gubernur Maluku.

Sinyal dari partai berlam­bang Kabah tersebut sudah me­ngarah ke Komandan Kor­ps Brimob Irjen Murad Ismail.

Wasekjen DPP PPP, M Syahril Wasahua menje­las­kan, DPP berencana menge­luarkan rekomendasi untuk Pilkada Maluku, Rabu (20/12). Namun, jika terjadi peru­bahan maka paling lambat akan diserahkan Kamis (21/12).

“Besok (hari ini-red) DPP berencana mengeluarkan rekomendasi. Tapi masih rencana. Jika ada peru­bahan maka paling lambat Kamis (21/12),” ungkap Wasahua kepada Siwalima, tadi malam.

Menyangkut siapa kandi­dat yang paling berpeluang mem­peroleh rekomendasi, Wasa­hua yang juga Korwil Maluku mengaku Murad punya kans besar. “ Insya Allah PPP ke Pak Murad Ismail,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pertimba­ngan tersebut dilatarbela­kangi oleh beberapa faktor. Misalnya aspirasi dari kader-kader, kemudian berdasar­kan pertimbangan dengan  melihat rekomendasi yang sudah dikeluarkan oleh par­pol sebelumnya dan juga faktor koalisi nasional.

“Faktor-faktor itulah yang menjadi pertimbangan DPP dalam mengambil keputu­san sebelum mengeluarkan reko­mendasi. Insya Allah PPP ke Pak Murad,” je­lasnya.

Kepastian ini bukan hanya se­sumbar, karena pada pe­kan lalu, fungsionaris DPP  PPP telah membangun ko­mu­nikasi dengan Murad ter­kait rekomendasi dimaksud.

Peluang

Sementara itu, Akademisi Universitas Pattimura, Victor Ruhunlela memprediksi pe­luang MI cukup terbuka lebar dibandingkan dengan peta­hana Said Assagaff, sebab berdasarkan aspirasi kader.

“Jika dilihat dari aspirasi kader, maka MI lebih punya pe­luang dibandingkan de­ngan petahana,” jelas Ru­hunlela kepada Siwalima, Selasa (19/12).

PPP, menurutnya, meski­pun hanya memiliki 1 kursi di DPRD Maluku, tetapi memiliki basis massa yang jelas serta politisi yang handal. Untuk itu, menurutnya PPP bisa saja di­berikan kepada MI ter­gantung kontrak politik yang dita­warkan. “PPP bisa saja ke MI jika dilihat dari aspirasi kader. Tetapi juga mesti diingat apa tawaran politik yang ditawar­kan MI kepada PPP untuk memperoleh du­kungan me­reka. Karena me­mang itu tidak bisa lari dari kenya­taan,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, saat Mukerwil, 6 dari 10 DPC tegas menyatakan dukungan ke Irjen Murad Ismail, se­mentara hanya 2 DPC yang secara tegas mendukung petahana Said Assagaff.

DPC Maluku Tenggara justru mengajukan dua nama yaitu Murad dan SA, se­mentara DPC Maluku Teng­gara Barat menyerahkan sepenuhnya kepada DPP untuk memutuskan.

DPC-DPC yang secara te­gas mendukung Murad da­lam Mukerwil yang dipimpin Ketua Bapilu DPW PPP Maluku Afras Pattisahusiwa didampingi Wakil Ketua DPW Hendra Suat yaitu DPC Ke­pulauan Aru, Seram Bagian Barat, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Buru Selatan dan Buru. Sementara DPC yang menyebutkan SA saat Mukerwil hanyalah Kota Tual dan Kota Ambon.

Dengan demikian, total dukungan yang diperoleh SA dari partai ber­lambang Kabah itu adalah 2 DPC, sedangkan Murad Ismail memperoleh dukungan dari 6 DPC. Satu DPC yaitu Maluku Tenggara, mengusulkan nama SA dan Murad. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>