Published On: Wed, Dec 2nd, 2015

Hasil Survei, Tagop Potensial Menang

Share This
Tags

a0d8e9b087ada5f09565443d94f0902f_XLPilkada serentak di Kabupaten Buru Selatan, tinggal menghitung hari.  Ada dua kandidat yang siap bertarung. Mereka adalah: Rivai Fatsey-Anton Lesnussa  dan Tagop Soulisa-Buce A Saleky.  Siapa menang?

Barkah Pattimahu  dari Sinergi Data Indonesia  menyebutkan, dalam hasil survey yang dilakukan pada akhir November 2016, kemarin, pasangan incumbent Tagop-Buce “TOPBU” potensial menang di Pilkada Bursel, 9 Desember 2015, mendatang, dibanding rivalnya Rivai-Anton.

Survey dengan metode multistage random sampling  dengan jumlah responden 440 orang, margin of eror kurang lebih 4,8 persen  yang dilakukan pada enam kecamatan di Bursel menunjukan, 54 persen pemilih menginginkan pasangan “TOPBU” kembali memimpin Bursel dan 26,25 persen menyatakan tidak menginginkan.

Mengapa mayoritas pemilih menginginkan pasangan incumbent ini kembali memimpin? Kata, Barkah,  keinginan itu terungkap dari hasil survey yang dilakukan pihaknya. Menurutnya, ada empat kriteria pemilih yang memilih pasangan incumbent itu.

Pertama,  pasangan Tagop-Buce  dipilih karena pengalaman. Sebanyak 38,25 persen memilih pasangan ini, karena faktor pengalaman. Kedua pasangan ini dipilih atas keberhasilan dalam memimpin Bursel lima tahun sebelumnya. “Jadi, sebanyak 37,25 persen pasangan Tagop-Buce, dipilih karena keberhasilan,” papar Barkah.

Sedangkan, kriteria pemilih dengan pilihan Tagop-Buce  bisa langsung dan cepat dalam bekerja hanya 8,75 persen. Selain itu, lima persen lainnya didukung pasangan ini didukung mayoritas kursi di DPRD Bursel.

Sinergi Data Indonesia  juga dalam surveinya merekam penilaian pemilih atas kinerja Tagop Soulisa sebagai Bupati Buru Selatan. Sebanyak, 65,60 persen pemilih menyatakan puas atas kinerja Tagop sebagai Bupati Bursel, sedangkan yang  menyatakan tidak puas sebanyak 30 persen.

Sejumlah variable terkait personality kandidat seperti kepintaran, ketegasan, kemampuan menyelesaikan masalah, lanjut dia,  juga terungkap dalam survey tersebut. Hasilnya menunjukan sebanyak 66.6 persen  menyatakan Tagop Soulisa adalah sosok yang pintar, sementara Rivay Fatsey 49  persen.

Untuk aspek ketegasan sebanyak 57.5 persen  menyatakan Tagop Soulisa adalah sosok yang tegas, sementara Rivay Fatsey 36.75  persen. Tagop Soulisa juga dianggap 51  persen  pemilih sebagai tokoh yang mampu menyelesaikan masalah, sementara Rivay Fatsey 36.50 persen.

Selain beberapa indikator yang memperkuat  potensi kemenangan bagi  Tagop-Buce, survey juga menemukan kesukaan pemilih kapada Rivay Fatsey cukup tinggi yang mencapai  65 persen, namun demikian popularitas Rivay Fatsey masih dibawah Tagop yang membuat peluang terpilihnya juga kecil. Menurut Barkah, hukum besi pilkada langsung adalah calon akan dipilih dalam pemilihan jika dia dikenal luas pemilih.  “Dengan mengacu kepada temuan survey diatas maka dapat diprediksi Tagop Soulisa potensial memenangkan pemilihan pada Pilkada, mendatang. Namun demikian suara pemilih sangat dinamis, dimana perubahan di waktu-waktu terakhir sangat mungkin terjadi,” papar Barkah. (Kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>