Published On: Sat, Jun 28th, 2014

Hayati 8 Fungsi, Keluarga Jadi Sejahtera

Share This
Tags

KBSetiap tanggal 29 Juni adalah Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) dan tanggal 29 Juni 2014 merupakan HARGANAS Ke XXI yang pelaksanaannya secara nasional dilakukan di kota Surabaya 14 Juni 2014.

Undang-Undang RI Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, mengamanatkan bahwa penduduk sebagai modal dasar pembangunan yang berkelanjutan.

Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya yang tangguh sehingga berhasil menguasai pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Drs. Djufry Assegaff dalam sambutannya pada acara Peringatan HARGANAS Ke XXI tahun 2014 tingkat Provinsi Maluku yang dilaksanakan di Aula BKKBN Maluku Jumat (27/6/2014).

Menurut Assegaff, keluarga adalah suatu lembaga yang terkecil dalam masyarakat yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup layak, bertequa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar anggota dan antar keluarga dengan masyarakat dan lingkungan.

Syarat yang harus dikembangkan dalam keluarga untuk menjadi bahagia dan sejahtera adalah setiap keluarga harus mampu menghayati, memiliki dan berperan dalam delapan fungsi keluarga agar menjadi keluarga berkualitas yang mandiri.

Dengan kesejahteraan yang baik maka keluarga akan mampu meningkatkan keharmonisan dan menjamin masa depan anak-anaknya dengan baik.

Menanamkan nilai-nilai kehidupan berbangsa bagi anggota keluarga sejak dini akan menjadikan keluarga sebagai wahana yang tangguh bagi terwujudnya keluarga yang berkualitas.

Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya memantapkan ketahanan nasional dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Dikatakan, berbagai kegiatan untuk menyambut HARGANAS Ke XXI tahun 2014 Perwakilan BKKBN Promal diantaranya melakukan kegiatan Bhakti Sosial berupa pelayanan KB gratis bagi masyaraakat di Desa Suli Kabupaten Maluku Tengah dan Desa Poka Kota Ambon.

Selain itu lomba kader IMP, peserta KB lestari, PLKB terbaik, lomba kader Tribina (KBK,BKR,BKL) dan UPPKS terbaik serta lomba kelompok KB pria terbaik provinsi diikutkan pada lomba kader tingkat nasional di Surabaya tanggal 11-14 Juni 2014 yang mana Provinsi Maluku keluar sebagai pemenang pertama lomba KB pria tingkat nasional wilayah IV.

Selain itu ada kegiatan dalam memeriahkan HARGANAS XXI tahun 2014 secara interen dilingkungan Perwakilan BKKBN Promal yaitu jalan santai, senam pagi bersama keluarga dan masyarakat sekitar, lomba karaoke, lomba bagi anak-anak, gawang mini pantai bagi Dharma Wanita dan karyawan.

Tema HARGANAS Ke XXI tahun 2014 adalah : “Melalui Hari Keluarga Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Dalam Mewujudkan Indonesia Sejahtera” dengan MOTTO “ Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, Keluarga Masa Depan Indonesia”.

Ketua panitia pelaksana HARGANAS tingkat Promal Edy Kastanya, SE. M.Si dalam laporannya mengatakan, tujuan umum adalah untuk meningkatkaan komitmen politis dan kepedulian Pemerintah, Legislatif dan Yudikatif baik ditingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota untuk mendukung pelaksanaan pembangunan, khususnya pembangunan di bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>