Published On: Thu, Jan 11th, 2018

HEBAT Terancam Tak Lolos ?

Share This
Tags

Pasangan balon perseorangan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath diharuskan melakukan sejumlah perbaikan setelah mendaftar di KPU Provinsi Maluku. Perbaikan pertama menyangkut persyaratan pencalonan. Yang kedua, soal dukungan minimal yang belum dipenuhi.

Komisioner Divisi Teknis KPU Maluku La Alwie menjelaskan, saat pendaftaran di KPU Selasa (9/1) lalu, ada satu persyaratan calon yang belum dipenuhi oleh pasangan dengan akronim HEBAT itu. Namun Alwie enggan menyebutkan, syarat yang belum lengkap tersebut.

Hanya dijelaskan, kalau syarat dimaksud sudah diurus oleh tim HEBAT dengan pihak terkait namun hasilnya belum dikantongi. “Nah kita lagi tunggu mereka datang ini. Tapi belum datang untuk masukkan syarat itu sekalian untuk diberikan surat tanda terima pendaftaran,” terang Alwie kepada Kabar Timur, Rabu (10/1).

Hingga berita ini naik cetak, dari pantauan, Tim HEBAT belum datang untuk memasukkan satu syarat pencalonan yang diminta KPU itu. Kembali ke syarat pencalonan, yang salah satunya adalah jumlah dukungan berdasarkan e-KTP, Alwie mengaku KPU akan menunggu dilengkapi, hingga tanggal 18 Januari 2018. Setelah dukungan perbaikan ini dimasukkan oleh tim HEBAT, akan dilakukan penelitian dan verifikasi lagi antara 18-20 Januari 2018 di KPU Maluku.

Jika dukungan yang dikantongi oleh pasangan balon perseorangan itu telah memenuhi syarat dukungan minimal, berarti HEBAT dinyatakan lolos. Sebaliknya jika dukungan yang untuk kesekian kalinya dilengkapi namun masih belum mencukupi ketika diteliti pada 20 Januari 2018, otomatis pasangan HEBAT digugurkan.

Upaya keras Tim HEBAT untuk meloloskan jagoannya Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath ke putaran Pilgub Maluku 2018 memang dituntut. Padahal sudah dua kali kesempatan menambah jumlah dukungan telah dikasih oleh KPU Provinsi Maluku sesuai keputusan  Bawaslu Provinsi Maluku.

Dari rapat pleno terbuka di KPU Maluku Senin (8/1) lalu pasangan HEBAT hanya berhasil mengantongi dukungan riil berdasarkan jumlah e-KTP masyarakat sebanyak 71.485 dukungan. Dan Tim pasangan ini diwajibkan mencari lagi dukungan sebanyak dua kali jumlah kekurangan dukungan yang ada.

Pasangan HEBAT tetap diijinkan untuk mendaftar di KPU Provinsi Maluku sebagai balon Gubernur-Wakil Gubernur untuk jalur perseorangan. Sama seperti dua pasangan balon lain yang menggunakan jalur dukungan Parpol.

Meski jumlahnya belum mencukupi, pasangan ini diberi waktu melakukan perbaikan jumlah dukungan. Menurut KPU Maluku, dari jumlah dukungan 71.845 berarti terjadi kekurangan dukungan sebanyak 51.410 dibanding syarat dukungan minimal calon perseorangan, 122.985 dukungan.

Banyaknya dukungan yang harus dikantongi oleh Tim HEBAT adalah dua kali jumlah kekurangan tersebut. Yakni, 51.410 x 2 atau sama dengan 102.820 dukungan e-KTP yang dilampiri surat pernyataan dukungan yang sah dari pemilik kartu identitas penduduk tersebut. (Kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>