Published On: Sun, May 24th, 2015

Hutan Sagu Akan Ditata Men

Share This
Tags

HutanDesa Belis Kecamatan Teluk Waru Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) memiliki potensi tanaman sagu yang cukup menjanjikan, sebagai potensi pangan lokal masyarakat setempat.

Ada 3 Jenis Sagu di Desa Belis yaitu Molat, Ihur dan Tuni yang tumbuh secara alami dengan vegetasi rapat, namun kenyataannya masyarakat setempat belum bisa mengelolanya dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal sehari-hari.

Hal ini membuat Dinas Pertanian Provinsi Maluku melalui Bidang Perkebunan membantu untuk menata dan mengembangkannya, agar dapat tumbuh dengan baik sehingga nantinya dapat menghasilkan produksi yang baik pula untuk kesejahteraan masyarakat di Desa Belis dan sekitarnya.

Pantauan Tribun-Maluku.com di Desa Belis Jumat (22/5) terlihat, Ir. Mus Tuanaya, MT selaku Kepala Bidang Perkebunan Distan Maluku bersama Danramil 1502 Kota Bula Kapten Muhammad Maubessy melihat secara langsung kondisi tanaman Sagu yang akan ditata dan dikembangkan itu.

Kehadiran Kabid Perkebunana Distan Maluku bersama Danramil 1502 di Desa Belis diharapkan dapat memotivasi dan menggerakan semangat kelompok tani agar lebih giat dalam pekerjaan mereka selanjutnya.

Tahun 2015, sebanyak 75 hektar tanaman sagu di Desa Belis yang akan ditata dan dikembangkan hingga menghasilkan produksi yang baik, dan tahun 2016 nanti akan ditambah 25 hektar sehingga jumlahnya menjadi 100 hektar, yang dikerjakan oleh 3 kelompok tani di Desa itu.

Penentuan Desa Belis atas usulan dari Dinas Pertanian Kabupaten SBT dengan melihat Calon Petani Calon Lahan (CPCL), sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan baik dan tertanggung jawab. Prinsipnya adalah hutan sagu di Desa Belis akan ditata dan dikembangkan menjadi sebuah kebun sagu yang baik.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>