Published On: Tue, Feb 23rd, 2016

Istana Pastikan Jokowi Belum Putuskan Nasib Blok Masela

Share This
Tags

16301712730-175599173900265780-IMG-20160204-162553780x390Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi SP menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo belum mengambil keputusan terkait pengelolaan Blok Masela.

Menurut Johan, Presiden akan mempertimbangkan seluruh aspek sebelum mengambil keputusan terkait proyek lapangan gas abadi tersebut.

“Sampai saat ini Presiden Jokowi belum memutuskan metode pembangunan Blok Masela apakah off shore atau on shore,” kata Johan, saat dikonfirmasi, Selasa (23/2/2016).

Pernyataan Johan itu diungkapkan untuk menepis informasi yang beredar tentang Presiden Jokowi telah memutuskan pengelolaan Blok Masela dilakukan secara onshore (di darat).

“Mengingat besarnya skala dan kompleksitas proyek gas blok Masela, keputusan harus dibuat dengan sangat hati-hati,” ucap Johan.

Mantan Juru Bicara KPK itu menuturkan, pertimbangan mengenai pengelolaan Blok Masela akan mencakup aspek komersial, teknis, aspek sosial, kultur, ekonomi, sampai dengan pengembangan kawasan setempat.

Perhatian utama Presiden, kata Johan, adalah bagaimana masyarakat Maluku dan negara memperoleh manfaat secara maksimal.

“Presiden sudah mendengar berbagai masukan, sudah memahami argumen dari berbagai pihak, baik yang berpendapat membangun kilang di laut maupun membangun kilang di darat,” ungkap Johan.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan, ada perbedaan pendapat yang sangat tajam mengenai Blok Masela yang dibangun secara offshore atau onshore.

Tetapi, Presiden menganggap perbedaan pendapat itu berguna untuk memperkaya pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Menurut Pramono, Blok Masela nantinya akan menjadi salah satu blok migas terbesar di dunia.

Karena itu, pemerintah ingin sangat berhati-hati saat memutuskan pembangunannya.

“Karena masih ada perbedaan yang sangat tajam, tetapi hal ini sangat memperkaya presiden dalam mengambil keputusan. Maka presiden memutuskan untuk tidak diputuskan hari ini,” ungkap Pramono.

“Suasana sidang kabinet sangat dinamis, sangat hangat. Dan, Presiden sangat happy dengan apa yang terjadi. Jangan kita berbeda (pendapat) itu di luar, tetapi berbeda itu di dalam sidang kabinet,” sambung Pramono.(kompas)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku