Published On: Fri, Nov 27th, 2015

Isu Provokatif Beredar, Gubernur Minta Warga Tenang

Share This
Tags

gubKondisi Kota Tual mulai berangsur kondusif pascabentrokan antarwarga yang menyebabkan seorang siswa bernama Fir­man Rumaf (19) meninggal dunia saat ben­tro­kan pecah di jalan Merdeka Kota Tual, Rabu kemarin.

Meski begitu warga di Kota Tual maupun di Langgur, Maluku Tenggara saat ini masih dihantui oleh berbagai isu sesaat yang sengaja dimainkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab melalui pesan berantai.

Menanggapi masalah tersebut, Gubernur Maluku, Said Assagaff meminta kepada seluruh masyarakat di Kota Tual dan Langgur agar dapat menahan diri dan tidak mudah terpancing berbagai isu miring yang sengaja dihembuskan untuk memperkeruh situasi kemanan di wilayah tersebut.

“Saya minta warga Tual dan juga warga Langgur agar tidak terprovokasi dengan berbagai SMS yang bernada provokasi yang saat ini beredar,”kata Said saat dimintai tanggapan Kabar Timur usai menutup Musyawarah Besar Masyarakat Maluku, di Gedung Islamic Centre Ambon, Kamis malam.

Dia mengungkapkan terkait maslaah tersebut, selaku Gubernur Maluku dia telah berkoordinasi dengan Pangdam XVI Pattimura dan Kapolda Maluku untuk mencegah berbagai upaya provokasi yang dilakukan tersebut. “Saya sudah koordinasi dengan pak Pangdam dan juga Kapolda dan besok (Hari ini) kita akan langsung kesana,”katanya.

Senada, Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae yang dimintai tanggapannya juga berharap kepada masyarakat di Tual maupun Langgur agar jangan mudah terpancing dan terus menjaga hubungan persaudaraan yang selama ini telah terjalin dengan baik.

“Kondisinya sudah kondusif saat ini. Jadi saya berharap masyarakat tidak perlu terpancing lagi,”kata Huwae, saat dicegat Kabar Timur di kawasan Gedung Islamic Centre Waihaong Ambon sebelum memasuki mobilnya.

Sementara itu Ketua Latupati Kepulauan Kei, Maluku Tenggara Abdul Hamid Rahayaan yang ditemui Kabar Timur di Gedung Islamic Centre mengungkapkan bentrokan yang terjadi sebelumnya hanya masalah kesalapahaman antara pelajar di wilayah tersebut, sehingga harus dapat diselesaikan dengan baik.

“Sebagai Raja, sebagai Ketua Dewan Adat, saya mengimbau kepada masyarakat Kei khususnya di Tual dan Langgur agar amsalah yang terjadi segera dieliminasi agar tidak menimbulkan ekses yang lebih besar lagi dan yang terpenting jangan sampai terprovokasi,”pintanya. (kabar timur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>