Published On: Thu, Apr 6th, 2017

Jaksa Ekspos Korupsi Wifi Kominfo di BPKP

Share This
Tags

Tim penyidik Kejati Maluku me­ngekspos kasus dugaan korupsi ang­garan wifi dan penyusunan mas­ter plan tahun 2015 pada Dinas Kominfo Maluku di BPKP Per­wakilan Maluku, Rabu (5/4).

Ekspos yang dipimpin Kasi Penyi­dikan Kejati Maluku, Ledrik Ta­kaendengan itu, untuk kepenti­ngan penghitungan kerugian negara oleh auditor.

“Tadi tim penyidik yang dipim­pin  kasi penyidikan  melakukan ekspos perkara kasus korupsi di Kominfo Maluku di BPKP,” jelas Kasi Penkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette kepada wartawan, di ruang pers Kantor Kejati Maluku.

Sapulette menjelaskan, dalam ekspos itu, tim penyidik mema­parkan tentang kasus dugaan ko­rupsi anggaran wifi dan pe­nyu­sunan master plan tahun 2015 disertai dengan data dan dokumen.

“Kalau sudah diekspos akan diikuti dengan penyerahan doku­men, data dan bukti yang dibutuh­kan tim auditor untuk menghitung kerugian negara,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam kasus ini penyidik Kejati Maluku menetapkan mantan Kadis Kominfo Provinsi Maluku, Ibrahim Sangadji sebagai tersangka.

Naiknya status hukum Sangadji dari saksi menjadi tersangka dipu­tuskan dalam ekspos Selasa (24/1) di ruang kerja Kajati Maluku saat itu, Jan S Maringka, yang diikuti oleh Aspid­sus dan beberapa jaksa senior.

Penetapan mantan staf ahli gu­bernur bidang hukum dan politik ini sebagai tersangka didasarkan pada surat Kejati Maluku Nomor : B-118/S.1/Fd.1/2017 tanggal 24 Januari 2017.

Pasal yang disangkakan terhadap Sangadji yakni pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 jo pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dirubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pem­berantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 65 ayat (1) KUHP jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Untuk diketahui, aggaran penyu­sunan master plan program kerja tahun 2015 dianggarkan Rp 750. 000.000. Hingga kini belum diba­yarkan ke pihak ketiga, padahal sudah dicairkan 100 persen.

Begitupun anggaran wifi tahun 2015 senilai Rp. 675.084.000. juga belum disetor ke pihak ketiga, se­mentara anggaran sudah dicairkan. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>