Published On: Wed, May 31st, 2017

Jaksa Tuntut Wanita Pengguna Narkoba 2,5 Tahun

Share This
Tags

Jaksa penuntut umum Kejaksaan Negeri Ambon, Lilia Heluth, minta majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon menjatuhkan vonis 2,5 tahun penjara terhadap Lia Kostiani, seorang wanita yang menjadi terdakwa pengguna narkoba jenis sabu-sabu.

“Meminta majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini karena terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 127 ayat (1) huruf A Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dan menghukumnya selama satu tahun dan enam bulan penjara,” kata Lilia Heluth di Ambon, Selasa (30/5).

Tuntutan jaksa disampaikan dalam persidangan dipimpin ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon, Philip Panggalila, didampingi Mathius dan Easu Yarisetouw selaku hakim anggota.

Yang memberatkan terdakwa dituntut hukuman penjara selama 1,5 tahun karena perbuatannya tidak mendukung pemerintah dalam memberantas penggunaan narkoba, sedangkan yang meringankan adalah terdakwa belum pernah dihukum serta mengakui perbuatannya.

Menurut jaksa, terdakwa ditangkap aparat kepolisian pada tanggal 10 Januari 2017 sekitar pukul 19.30 WIT di tempat kosnya pada sebuah lorong yang berdekatan dengan jalan Raya A.Y Patty Ambon.

Polisi saat itu mendapatkan informasi bahwa terdakwa baru membeli satu sachet bubuk sabu dari seseorang yang sering dipanggil Aya Hamim, namun sampai saat ini oknum penjuan narkoba tersebut belum berhasil diringkus polisi dan masuk daftar pencarian orang (DPO).

Majelis hakim menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda mendengarkan pembelaan penasihat hukum terdakwa, Djidon Batmomolin.

“Kami akan meminta majelis hakim untuk mempertimbangkan pasal yang digunakan JPU untuk menjerat terdakwa, sebab dia sebenarnya hanyalah korban yang patut mendapatkan rehabilitasi dan bukannya dikurung dalam penjara,” kata Djidon(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku