Published On: Thu, Dec 10th, 2015

Jalan Nasional Sudah Tembus Seram Bagian Barat

Share This
Tags

Sutardi, ST.MTPanjang jalan nasional di pulau Seram 914,35 Km dengan jalan nasional ruas lama mulai dari Waipirit, Kairatu, Latu-Liang, Masohi, Simpang Waipia, Saleman sampai ke arah utara pulau Seram hingga Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), sedangkan bagian Seram Selatan sampai di Tamilou.

Untuk penambahan jalan nasional yang baru mulai dari Tamilou, Haya, Tehoru, Laimu sampai ke Werinama dan untuk wilayah Seram Bagian Barat mulai dari Kairatu, Simpang Eti, Piru, Waisala, Simpang Pelita Jaya, Taniwel sampai Saleman.

Demikian penjelasan Sutardi, ST. MT Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 2 Maluku (pulau Seram) kepada Tribun-Maluku.com diruang kerjanya, Kamis (10/12).

Diakui, jalan nasional sudah melingkar pulau Seram Bagian Barat sedangkan untuk Seram Bagian Timur belum. Untuk jalan Taniwel Saleman perlu perhatian serius karena panjangnya 98,82 Km dan kondisi jalan tanah masih 35 Km, selebihnya jalan Lapen namun sudah rusak.

Pihaknya sudah memprogramkan di tahun 2016 yaitu peningkatan struktur pada Lapen yang sudah rusak dan pembangunan jalan tanah dari Taniwel ke Saleman dan Piru ke Waisala, karena keterbatasan anggaran maka pekerjaanya tidak sekaligus tuntas namun bertahap.

Yang sudah dikerjakan pada tahun 2015 adalah jalan dan jembatan yang harus selesai bulan Desember 2015, untuk memperoleh aksesibilitas masyarakat.

Tujuan jalan nasional adalah jalan itu berkeselamatan, disamping bagus, aman, dan nyaman, dan untuk jembatan Kawanuwa di Tehoru pihaknya sudah berkonsultasi dengan Komisi C DPRD Maluku agar bisa ditangani secara bersama-sama dengan Pemda Maluku Tengah dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>