Published On: Thu, Apr 6th, 2017

Jambore Selam Mahasiswa VIII-2017 – Selami Pesona Goa Bawah Laut Hukurila

Share This
Tags

Wisata bahari menjadi salah satu keunggulan Provinsi. Keindahan pantai dan laut seakan menjadi sebuah ciri khas Ambon tak terke­cuali, Pantai Hukurila dan kehidupan bawah lautnya.

Pantai yang terletak di Selatan Maluku itu memang sudah sering dikunjungi wistawan lokal maupun mancanegara sekedar untuk menye­lam. Salah satu yang paling terkenal dari Desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan Ambon adalah goa bawah laut. Di desa tersebut memang terdapat beberapa goa yang berada didalam lautan.

Goa bawah laut ini masih berada di kawasan wisata Pantai Hukurila (pantai yang berada di sisi selatan Pulau Ambon). Pantai ini mengha­dap ke timur, meng­hadap langsung ke Laut Banda.

Para peserta Jambore Selam Ma­hasiswa VIII juga berkesempatan melakukan penyelaman di goa bawah laut Hukurila, Rabu (5/4).

Para peserta yang berasal dari 21 perguruan tinggi terlihat asyik diving sambil menelusuri goa-goa bawah lautnya dan menikmati kein­dahan terumbu karangnya yang cantik-cantik dan berwarna-warni.

Goa bawah laut ini memiliki bebe­rapa pintu masuk dan sejumlah tumpukan batu yang cukup besar. Salah satu pintu masuk ke goa ini ada yang berbentuk celah sempit dengan lebar sekitar dua hingga tiga meter saja.

Pintu masuk yang berbentuk ce­lah sempit ini seakan membe­rikan kesan sedikit menyeramkan sehi­ngga memberikan sensasi tersendiri bagi para penyelam. Namun keinda­han bawah laut yang menakjubkan dapat Anda lihat setelah berada di gua bawah laut ini.

Para penyelam menyusuri goa bawah laut ini hingga kedalaman 20 meter. Dunia bawah laut Hukurila memang terbilang cukup kaya terlihat dari berbagai jenis terumbu karang yang hidup dibawahnya.

Salah satu yang paling banyak ditemui adalah terumpu karang jenis Acropora. Jenis terumbu karang ini banyak hidup dikeda­laman tiga hingga 15 meter.

Ikan Lions Fish juga menjadi daya tarik dari panorama laut Hukurila. Tak ketinggalan spesies ikan badut atau yang lebih dikenal ikan Nemo juga banyak terlihat bermain di sela-sela soft coral.

Di salah satu spot dive terbentang pintu gua yang megah dibawah laut. Tepatnya dikedalaman sekitar 10-15 meter anda akan dibuat takjub dengan hamparan soft coral yang indah dan kumpulan schooling fish –gerombolan ikan yang berenang kearah yang sama- menambah keindahan Goa Hukurila.

Selain itu di Hukurila, para penyelam juga dapat melihat kekayaan habitat biota laut yang jarang ditemukan di tempat lain seperti nudi blance atau kelinci laut dan Rhino Pias atau sejenis scorpion fish yang memiliki empat warna, dan ini sangat baik dikembangkan untuk wisata menyelam.

Dijadwalkan, hari ini Kamis (6/4), para peserta akan melakukan fun dive di sejumlah lokasi selam di Pulau Ambon. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM