Published On: Wed, Jun 14th, 2017

Jelang Idul Fitri, Bahan Kebutuhan Pokok Selalu Tersedia

Share This
Tags

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku terus berkoordinasi dengan semua stakehoder untuk tetap waspada dan menjalin hubungan, agar bahan kebutuhan pokok masyarakat baik di bulan suci Ramadhan maupun masuk hari raya Idul Fitri selalu tersedia dengan stok yang cukup.

Demikian pernyataan Kadis Perindag Maluku Elvis Pattiselano, SE. M.Si kepada Pers di Ambon, Rabu (14/6/2017).

Menurut Pattiselano, koordinasi dan hasil pantauan terhadap distributor terkait dengan bahan kebutuhan pokok misalnya Beras, tersedia 11 ribu ton untuk kebutuhan masyarakat selama 104 hari ke depan.

Belum termasuk akan masuk beras pedagang 230 ton dan ketersediaan beras di Gudang Bulog 10 ribu 700 ton, ditambah akan masuk 6 kapal di Pelabuhan Ambon dengan membawa beras sampai tanggal 23 Juni 2017.

Untuk Gula pasir di Gudang Bulog tersedia 1.268 ton, termasuk gula dari salah satu Perusahan sebanyak 36 ton, sehingga dapat bertahan selama empat bulan kedepan, dan direncanakan dalam minggu ini kapal akan masuk dengan membawa Gula 350 ton.

Sementara untuk Tepung terigu stok yang tersedia 662 ton bertahan selama 32 hari ke depan, dan kapal akan masuk dalam minggu ini dengan membawa tepung terigu sebanyak 100 ton.

Untuk Minyak goreng kemasan tersedia sebanyak 446 liter diperkirakan untuk 36 hari kedepan dan kapal akan masuk dengan membawa 150 ribu liter.

Dikatakan, Susu kental manis tersedia 399 ribu kaleng dan bisa bertahan sampai 40 hari kedepan, direncanakan dalam minggu ini masuk dengan kapal 19 ribu 200 kaleng.

Untuk Mentega tersedia 34 ton bertahan hingga 30 hari ke depan dan rencana masuk dengan kapal 10 ton. Telur ayam stock tersedia 1 juta 154 ribu 350 butir, komoditi ini tidak bertahan lama maksimal dua minggu dan rencananya minggu depan kapal akan masuk dengan membawa 64 ribu butir bahkan diharapkan setiap kapal yang masuk selalu membawa telur ayam.

Sedangkan daging Sapi tersedia stoc 59 ribu kg, Ayam Boiler 668 ribu 750 kg. Untuk Cabe, Bawang dan Sayuran, saat ini tersedia cukup dipasaran, termasuk sayur-sayuran yang di pasok dari Manado Sulawesi Utara seperti kol, wortel dan kentang.(TRibunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM