Published On: Mon, Mar 6th, 2017

Kabid TU Anggap Maluku Aman Kontribusi FKUB Maluku

Share This
Tags

Forum Komunikasi Antara Umat Beragama (FKUB) Maluku,lembaga ini sangat di butuhkan karena merupakan forum untuk ajang silahturahmi bagi tokoh-tokoh agama dalam rangka menyatukan konsep  dalam pembinaan kerukunan umat beragama.

Hal ini di tegaskan Kabid Tata Usaha Kementerian Agama Provinsi Maluku Jamaludin Bugis di ruang kerjannya Senin,(06/03/2017).

Katanya, lahirnya Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) ini  berdasarkan keputusan bersama Menteri Agama RI  dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 tahun 2008 tentang 3 pedoman pelaksanaan tugas Kepala Daerah.

“Adapun 3 pedoman tersebut yaitu   pembinaan kerukunan umat Beragama,pemberdayaan FKUB dan penderian rumah Ibadah,”ujarnya.

Berdasarkan itu kata Jamaludin Bugis maka di seluruh kabupaten/ Kota

Di Provinsi Maluku di bentuk pengurus Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB).

Lanjut Bugis bahwa kegiatan sudah di lakukan FKUB dalam rangka membina kerukunan umat Bergama di Maluku salah satu indikatornya adalah bahwa Maluku sangat  kondusif dan aman setelah pasca tahun 1999.

“Maluku aman kerena juga merupakan bagian yang tak lepas dari upaya-upaya dari FKUB tersebut,”tandasnya.

Dengan wewenang yang di miliki FKUB di tingkat Provinsi Maluku kata Bugis maka FKUB sering melakukan rapat-rapat pengurus untuk mengoptimalkan fungsi dan peran serta memperlancar program kerja kedepan.

Terkait pembangunan sekretariat FKUB di kabupaten/kota, Bugis menegaskan bahwa saat ini lagi ,menunggu anggaranya.

“Pembangunannya  sebenarnya sudah di setujui di tahun anggaran 2015/2016 tapi lantaran pemotongan anggaran maka pembangunan itu di pending dan sampai saat ini belum ada kelanjutannya,”ungkapnya

Lanjut Bugis bahwa  saat ini Ia di berih tugas dari Kakanwil untuk bagaiamana mempercepat membangun kantor FKUB karena ini merupakan salah satu indikator Maluku sebagai Laboratorium kerukunan umat beragama maka sarana ini yang paling penting dan sangat menentukan program Forum Komunikasi Antara Umat Beragama (FKUB) kedepan.(N02)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>