Published On: Fri, Jul 8th, 2016

Kalahkan Jerman, Perancis Jumpa Portugal di Final

Share This
Tags

4f485878-b201-45c9-9d7b-3fa27341220d_169Tuan rumah Perancis berhak melaju ke final Piala Eropa 2016 setelah berhasil menaklukkan Jerman 2-0 pada laga semifinal yang dimainkan di Stade Velodrome, Marseille, Jumat (8/7) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Les Bleus diborong oleh bintang Atletico Madrid, Antoine Griezmann. Penyerang 25 tahun itu kini menduduki gelar pencetak gol sementara dengan torehan enam gol mulai dari fase grup.

Gol pertama Griezmann tercipta lewat tendangan penalti setelah Bastian Schweinsteiger menyentuh bola di kotak terlarang pada menit ke-45. Wasit Nicola Rizzoli dengan tegas menunjuk titik putih sebagai hukuman bagi pelanggaran yang dilakukan Schweinsteiger.

Griezmann yang dipercaya sebagai algojo mampu menyelesaikan tugasnya dengan sempurna. Tendangan kaki kirinya berhasil mengecoh kiper terbaik Jerman, Manuel Nueur.

Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga turun minum. Hukuman penalti ini menjadi pukulan telak bagi Der Panzer yang sejatinya sukses mendominasi penguasaan bola di babak pertama.

Meski mengantongi penguasaan bola hingga 68 persen di babak pertama, namun jumlah peluang yang dimiliki identik dengan Perancis. Kedua tim sama-sama mencatatkan empat tembakan mengarah ke gawang dari total lima kesempatan yang dimiliki.

Jerman berupaya untuk menyamakan kedudukan di babak kedua dengan mengurung pertahanan Perancis di 15 menit awal. Namun, gawang Neuer justru kembali bergetar di menit ke-72.

Adalah Griezmann yang kembali mengoyak jala penjaga gawang Bayern Munich itu. Berawal dari pergerakan apik Paul Pogba di sisi kanan pertahanan Jerman. Dengan cerdik Pogba berhasil mengelabui Shkodran Mustafi dan mengirimkan umpan silang ke tengah kotak penalti.

Bola hasil umpan Pogba gagal dihalau dengan sempurna oleh Neuer sehingga Griezmann leluasa menyambar bola sekaligus menggandakan keunggulan Perancis.

Jerman berupaya untuk mengejar defisit dua gol. Sedikitnya dua peluang berbahaya yang diperoleh Joshua Kimmich masih bisa diblok oleh Hugo Lloris yang tampil brilian.

Tendangan keras Kimmich dari luar kotak penalti pun hanya membentur tiang gawang. Alhasil, keunggulan Perancis 2-0 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan demikian Perancis berhak tampil di partai puncak menghadapi Portugal di Stade de France, Paris, Minggu (10/7) waktu setempat atau Senin dini hari WIB. (jun/jun)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku