Published On: Sun, May 1st, 2016

Kampanye Trump di California Rusuh, 20 Orang Ditangkap

Share This
Tags

2216254kilis26780x390Ratusan demonstran memblokade lalu lintas di luar sebuah lokasi di California, AS, yang merupakan tempat kampanye bakal calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump.

Bentrokan pecah antara pendukung dan penentang Trump dalam kampanye ini. Bentrokan tersebut diwarnai perusakan dan pelemparan batu.

Seperti diberitakan BBC Indonesia, Jumat (29/4/2016), kaca dari sebuah mobil polisi dipecahkan ketika Trump berbicara di dalam ruangan di Fairgrounds Orange County di Costa Mesa.

Sekitar 20 orang ditangkap dalam kerusuhan ini.

Sebelumnya, Trump bertekad untuk mendeportasi jutaan imigran ilegal jika terpilih sebagai Presiden AS pada November mendatang.

Dia menghadapi penentangan keras di beberapa bagian California, khususnya dari kalangan warga latin.

California, yang memasok delegasi terbesar bagi bakal calon Partai Republik, akan menggelar pemilihan pendahuluan pada tanggal 7 Juni mendatang.

Pada hari Selasa, Trump menyebut dirinya ‘terduga calon’ Partai Republik setelah memenangkan lima pemilihan pendahuluan di negara bagian Connecticut, Delaware, Rhode Island, Maryland dan Pennsylvania.

Dirikan tembok itu
Lokasi kampanye Donald Trump di Pacific Amphitheatre di Costa Mesa yang berkapasitas 18.000 orang penuh sesak, sampai-sampai ratusan orang tak bisa masuk.

Debat panas bisa didengar antara pendukung Donald Trump dan pengunjuk rasa di luar.

Para pendukung Trump meneriakkan yel-yel: ‘Dirikan tembok itu! Dirikan tembok itu!,’ mengacu pada seruan Trump untuk membangun tembok pemisah antara AS dan Meksiko untuk menghentikan pelintas perbatasan ilegal.

Polisi anti huru hara dan petugas berkuda dikerahkan untuk memisahkan dua kelompok yang berseteru.

Laporan dari tempat kejadian menyebut, sejumlah pengunjuk rasa melemparkan batu, melompat ke atas mobil polisi, menghancurkan jendelanya.

Para pengunjuk rasa dibubarkan sekitar pukul 23.00 (Jumat 12.00 WIB), kata aparat keamanan setempat.

Kampanye Donald Trump didera berbagai bentrokan antara pendukung dan penentangnya, terutama di University of Illinois di Chicago pada 11 Maret, ketika unjuk rasa dibatalkan setelah bentrokan pecah di auditorium.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>