Published On: Tue, Mar 21st, 2017

Kapal ‘Genset Raksasa’ 60 MW dari Turki Terangi Ambon

Share This
Tags

PLN kembali mendatangkan Kapal Pembangkit Listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) guna meningkatkan pelayanan dan pasokan kelistrikan. Kapal ‘Genset Raksasa’ berkapasitas 60 MW dari Turki ini disewa PLN selama 5 tahun untuk menerangi Pulau Ambon, Provinsi Maluku.

Kapal tersebut telah tiba di Waai, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku pada hari Rabu (15/3/2017).

“Kapalnya sudah tiba 15 Maret kemarin. Sekarang MVPP lagi dipasang, akan disinkronkan,” kata Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN, Haryanto WS, saat dihubungi detikFinance, Selasa (21/3/2017).

MVPP akan memasuki tahap uji coba pada Kamis (23/3/2017) mendatang dan disinkronkan dengan jaringan di Sistem Ambon. Diperkirakan dapat beroperasi penuh akhir bulan ini.

“MVPP kita sinkronkan Kamis atau Jumat minggu ini, load test dulu. Tanggal antara 27-29 Maret ini bisa operasi penuh,” kata Haryanto.

Dengan hadirnya MVPP tersebut, jumlah pasokan daya listrik pada Sistem Ambon dipastikan aman. Saat ini daya mampu sistem Ambon 61,2 MW dengan beban puncak mencapai 58,04 MW. Adanya tambahan daya 60 MW dari MVPP tersebut membuat Ambon memiliki cadangan daya sebesar 63,16 MW.

“Ini merupakan salah satu upaya kami untuk terus memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat Maluku, khususnya di Pulau Ambon. Diharapkan dengan adanya penambahan supply pasokan listrik melalui MVPP tersebut, dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Haryanto menambahkan, kehadiran kapal listrik ini bukanlah solusi permanen untuk meningkatkan pasokan listrik di Ambon, hanya solusi temporer. PLN sedang membangun pembangkit-pembangkit baru untuk memperkuat keandalan listrik di Maluku.

Misalnya PLTP Tulehu berkapasitas 2 x 10 MW dan PLTMG Ambon Peaker berkapasitas 30 MW sebagai prioritas utama untuk keandalan Sistem Ambon.

Setelah sewa kapal listrik berakhir, PLN akan menggantinya dengan pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) dengan kapasitas yang sama. “Nanti kapal pergi harus diganti pada 2021 atau 2022,” tutupnya. (detik)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>