Published On: Fri, May 29th, 2015

Kasus Baru! Dugaan Mark Up Rp54 M Gedung BPDM. DPRD Langsung Bentuk Pansus

Share This
Tags

Edwin-HuwaeKetua DPRD Provinsi Maluku, Edwin Adrian Huwae mengungkapkan, seluruh fraksi di DPRD Maluku telah menyepakati pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Bank Maluku. Pansus akan bekerja mengusut kasus dugaan kerugian Bank Pembangunan Daerah Maluku (BPDM) akibat Repo fiktif dan mark up pembelian gedung di Surabaya senilai Rp 54 miliar.

“DPRD Melalui badan musyawarah sudah mengusulkan pembentukan Pansus terkait repo saham yang mengakibatkan kerugian negara hingga mencapai Rp262 milyar dan dugaan mark up pembelian gedung senilai 54 milyar.” Ujar Huwae kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (27/5).

Menurutnya, usulan tersebut sudah diterima mengingat telah menjadi wacana publik yang mengemuka. Saat ditawarkan semua langsung terima.

Huwae mengatakan, pansus tersebut akan bekerjasama dengan beberapa instansi lainnya sehingga masalah repo saham dan dugaan mark Up gedung baru di Surabaya terselesaikan dan mendapatkan rekomendasi DPRD Maluku.

Dikatakan, khusus untuk dugaan mark-up pada pembelian gedung baru, informasinya, ada pembengkakan anggaran yang cukup besar. Harga pembelian dengan harga yang asli mengalami selisih yang sangat jauh. Parahnya, informasi bukti transfer uang senilai Rp54 milyar itu tidak diterima oleh pemilik bangunan melainkan disetor ke Office Boy (OB).

“Jadi ada keganjilan baik soal selisih harga jual maupun pembayarannya. Dana Rp54 miliar katanya disetor ke rekning OB,” bebernya.

Secara kelembagaan, DPRD Maluku meminta agar masalah ini bisa diusut tuntas oleh Pansus yang dibentuk dan nantinya mendapat rekomendasi dewan untuk diproses hukum,

“Tujuan pansus dibentuk untuk menjaga Bank milik daerah ini, jangan sampai ada penyalagunaan yang mengakibatkan kolaps. Untuk itu kami sangat mengharapkan agar masalah ini dapat dituntaskan,”tegasnya. (IO)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>