Published On: Fri, Jun 27th, 2014

Kelompok Tani Peroleh Bantuan Lahan

Share This
Tags

ded0d43f607a3e2a36eed8deb9a6add0_XLBank Indonesia Provinsi Maluku sejak Januari-Mei 2014 telah membantu petani di Kota Ambon dan sekitarnya. Bantuan yang diberikan yakni 14 hektar lahan tanaman hortikultura.

“Bantuan ini diberikan terkait dengan program sosial pangan Indonesia yang kebanyakan mengarah ke program ekonomi,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku, Wuryanto, kemarin.

Dia menjelaskan, BI Maluku tahun ini sudah membantu masyarakat petani di Desa Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon dengan pemberian tanaman hortikultura sebanyak dua hektar, Desa Hutumuri (1 Ha), juga Desa Passo, Waiyame dan Desa Suli, Kabupaten Maluku Tengah.

“Kenapa sampai BI harus bantu ke sana, hal ini ada maksudnya, yakni diharapkan pada sisi peningkatan suplai,” ujarnya.

Inflasi, kata Wuryanto, berarti stok sayur kurang sementara permintaan meningkat. “Kalau di bulan Ramadhan tidak terpenuhi, sudah pasti terjadi inflasi, tetapi kalau dipenuhi semuanya pasti tidak akan terjadi inflasi,” katanya.

Karena itu BI melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah terutama Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Ambon maupun Provinsi Maluku untuk melihat hal ini.

“Kami inginkan semua pihak happy, petani, pedagang besar maupun kecil, pemerintah daerah maupun BI semua senang. Dan yang lebih senang adalah masyarakat karena harga stabil,” katanya.

Ia juga menyatakan, ada juga beberapa program yang akan dikembangkan BI di daerah ini guna peningkatan ekonomi, hanya saja harus dilakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.(KATIM)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>