Published On: Tue, Jul 19th, 2016

Kemenag Maluku Gelar Lomba Karya Tulis Dan Pembinaan Katekisasi

Share This
Tags

Lomba1Bidang Bimas Kristen Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku menggelar Lomba Karya Tulis guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) tingkat dasar dan Pembinaan Guru Katekisasi, yang diikuti oleh 60 orang peserta berasal dari 11 kabupaten/kota bertempat di Golden Palace Hotel, Senin (18/7).

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kabag TU Drs. Zein Kaisupty mengungkapkan, pendidikan pada dasarnya adalah upaya guna mengembangkan potensi SDM sebagai proses pembelajaran.

Selain itu pendidikan juga penting untuk meningkatkan kualitas ilmuan, kualitas iman dan taqwa yang regilius. Itu berarti pendidikan agama dan keagamaan memiliki budi pekerti dalam sistim pendidikan di Indonesia.

PP Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan mengisyaratkan, pendidikan agama memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian dan keterampilan, bagi peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya melalui mata pelajaran bahkan mata kuliah di semua jenjang.

Pendidikan keagamaan yakni; pendidikan yang mempersiapkan serta menuntut semua peran dan pengetahuan tentang agama atau menjadi ilmu agama, serta mengamalkan ajaran agamanya.

Keputusan Menteri Agama RI menganjurkan agar seluruh jajaran Kemenag terus melakukan fungsi perencanaan, pengawasan, evaluasi dan kebijakan, di bidang keagamaan serta tanggung jawab lainnya berjalan dengan baik.

Pendidikan agama Kristen sesuai Peraturan Menag Nomor 7 Tahun 2012 bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat, yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Agama Kristen yang berwawasan luas, kritis, kreatif, inovatif dan dinamis, guna mencerdaskan kehidupan bangsa yang beriman, bertaqwa dan berahklak mulia.

Diharapkan, peserta lomba karya tulis guru PAK dan pembinaan guru Katekisasi dapat mengikutinya dengan baik, karena hasilnya menjadi nilai tambah bagi jenjang karier terutama untuk kenaikan pangkat.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>