Published On: Thu, Jan 4th, 2018

Kerabat Setnov Berburu Lahan di Blok Masela

Share This
Tags

Penjualan lahan besar-besaran kini terjadi di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB). Para pembeli dengan animo tinggi ini umumnya orang luar daerah. Malah kerabat dekat Setyo Novanto ikut disebut.

Yakni, Setyo Lelono, kakak Ketum Partai Golkar. Lelono konon mengambil 100 hektar di Desa Wemratian, Kecamatan Tanimbar Selatan. “Berita itu sudah tersiar dimana-mana di MTB sini. Masih kabar burung, tapi Bupati batalkan,” ungkap Josef Fenanlampir dihubungi Kabar Timur, tadi malam.

Mantan politisi DPRD Kabupaten MTB ini menjelaskan, belum diketahui pasti Setyo Lelono membeli areal tersebut untuk keperluan apa. Namun Pemda Kabupaten MTB menolak hal itu, karena dapat merugikan masyarakat.

“Setyo lelono punya anak nama Andre itu yang beli. Tapi Bupati tidak mau lahan warga dibeli mati. Harusnya kontrak saja,” kata Josef.

Kabar pelepasan areal lahan warga kepada pihak lain memang bukan rahasia umum lagi di daerah berjuluk Bumi Duan Lolat ini. Ditengarai dipicu oleh isu Blok Masela yang menjanjikan prospek bisnis menggiurkan di daerah tersebut.

Bayangan daerah ini akan jadi wilayah ‘Dollar’ karena sumber migas berlimpah di tahun 2025 membuat orang datang berburu lahan. Kabag Litbang dan Hubungan Kerjasama Pembangunan Daerah Bappeda Provinsi Maluku Djalaludin Salampessy mengingatkan Pemda setempat.

Dia mengatakan, jika tak terkontrol satu saat ini bakal jadi bumerang bagi Pemda. Lahan yang dijual secara bebas, akan jadi batu sandungan ketika lahan-lahan tersebut dibutuhkan.

Perencanaan pembangunan yang dilakukan oleh Pemda Provinsi Maluku maupun Kabupaten MTB bisa saja terhalang, ketika lahan-lahan ini telah jatuh ke pihak lain. Dia menjelaskan, lahan kerap menjadi faktor utama terhambatnya proses investasi maupun perencanaan pembangunan.

Lahan diklaim oleh pemiliknya, dengan alasan kepentingan pribadi yang tidak jelas. “Padahal untuk kepentingan pembangunan di daerah, urusannya jadi berbelit-belit. Kita kalah waktu, padahal sangat dibutuhkan segera,” kata Salampessy dihubungi di kantornya. (Kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>