Published On: Tue, Sep 30th, 2014

Ketua Panitia: Ta’Aruf Unidar Ambon Dorong Akreditasi

Share This
Tags

18it5tc19sdyrzbzou92t93Ta’Aruf (Perkenalan) atau dikenal dengan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PK2MB), merupakan suatu kegiatan untuk memperkenalkan mahasiswa baru tentang kehidupan kampus.

Kegiatan Ta’Aruf bagi mahasiswa baru Universitas Darusslam Ambon ini dibuka oleh Rektor, DR Ir. Ibrahim Ohorella, MP, yang berlangsung di aula kampus Unidar di Tulehu, Senin (29/09), pagi.

Kegiatan Ta’Aruf tahun 2014 ini dibawa sorotan tema “Melalui Kegiatan Ta’aruf Kita Tingkatkan Profesionalisme dalam Menyambut Tahun Akreditasi Universitas Darussalam Ambon”

Ketua Panitia Ta’Aruf, Husein Latuconsina, S.Pi, M.Si, dalam sambutannya, mengatakan, mahasiswa baru yang akan melanjutkan pendidikan tinggi ke jenjang atau satuan pendidikan yang lebih tinggi, akan merasakan berbagai perbedaan yang cukup signifikan, bila dibandingkan dengan pembelajaran yang ditempuh sebelumnya, baik dari aspek akademik maupun aspek sosial budaya.

Untuk itu, kata Latuconsina, dalam rangka menyiapkan mental dan memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran dan kehidupan kampus, maka diperlukan adanya program orientasi bagi mahasiswa baru untuk mempercepat adaptasi dengan lingkungan yang baru. Masa ini dapat dijadikan titik tolak inisiasi pembinaan idealisme, menanamkan dan membina sikap cinta tanah air dan almamater, kepedulian terhadap lingkungan dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter jujur, cerdas, peduli, bertanggung jawab dan tangguh.

“ Kegiatan Ta’aruf pada Universitas Darussalam Ambon diupayakan sebagai momentum yang tepat untuk menanamkan pendidikan karakter. Sehingga mahasiswa baru diharapkan mendapat informasi yang tepat mengenai sistem pendidikan pada Universitas Darussalam Ambon baik di bidang akademik maupun non-akademik,” ucap Latuconsina dalam laporannya dihadapan Rektor dan para dosen serta mahasiswa baru itu.

Secara umum tujuan pelaksanaan Ta’ruf pada Universitas Darussalam Ambon adalah untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada kegiatan-kegiatan akademik dan non akademik, sehingga tiba saat menjalaninya maka mahasiswa baru dapat lebih mudah beradaptasi dengan kehidupan perguruan tinggi.

Dalam laporannya itu, Latuconsina, memaparkan beberapa hal yang terkait dengan kegiatan Ta’aruf tahun 2014, yang meliputi:

Waktu Pelaksanaan Ta’ruf

Kegiatan Ta’ruf 2014 disesuikan dengan Keputusan DIRJEN DIKTI No. 25/DIKTI/Kep/2014, dilaksanakan selama 2 hari di Kampus Tulehu maupun di kampus Masohi, yang dimulai pada tanggal 29 – 30 September di Kampus Tulehu dan dilanjutkan pada Kampus C Masohi tanggal 1 – 2 Oktober. Adapun pelaksanaan Ta’aruf mulai Jam 08.00 – Jam 17,00 WIT.

Peserta Ta’aruf

Peserta Ta’aruf adalah mahasiswa baru Tahun 2014 yang terdapaftar, dengan jumlah peserta sebanyak sebanyak 300 orang.

Anggaran Kegiatan Ta’aruf

Anggaran pelaksanaan Ta’ruf bersumber dari kontribusi Mahasiswa Baru, sebesar Rp. 450.000.- (termasuk kartu Mahasiswa dan Jaket Almamater) untuk setiap mahasiswa serta sejumlah materi Ta’Aruf yang sudah disediakan panitia. (Bil)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>