Published On: Tue, Mar 20th, 2018

Komisi I Minta Pemkot Pertimbangkan Pembangunan Diving Center

Share This
Tags

Komisi I DPRD Kota Ambon minta kepada pemkot untuk mempertimbangkan rencana pembangunan diving center di Desa Seri Kecamatan Nusaniwe, yang menelan anggaran Rp 1,2 milyar dari DAK Dinas Pariwisata tahun 2018.

Wakil Ketua Komisi I Rovik Afiffudin menjelaskan, rencana awal pembangunan ini sebenarnya dilakukan di Pantai Namalatu Desa Latuhalat, namun ditolak oleh masyarakat sebab pantai itu milik pemprov dan didalamnya juga sudah terdapat diving center, oleh sebab itu pemkot mengusulkan untuk memindahkannya ke Desa Seri.

“Menurut kita itu tidak representatif karena yang mau dibangun ini diving center minimal harus didukung sarana dan prasarana penunjang seperti harus ada spotnya kemudian  jembatan, harus ada alat-alat diving, sehingga kami minta untuk Dinas Periwisata mempertimbangkannya,” ujar Rovik kepada Siwalima usai rapat dengar pendapat antara Komisi I dan Dinas Pariwisata di ruang sidang utama Baileo Rakyat Belakang Soya, Jumat (16/3).

Ia mengaku, pembangunan diving center ini harus dilakukan dilokasi-lokasi yang memiliki objek wisata dan itu hanya ada di Kecamatan Nusaniwe. Untuk itu komisi tetap akan membantu pemkot untuk mengkonsolidasikan agar pembangunan ini dapat berjalan dengan baik.

“Dalam rapat tersebut, pihak dinas mengaku nantinya masukan DPRD ini akan jadi pertimbangan, sebab ditahun ini pembangunan sudah harus dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon Richard Luhukay menambahkan, pihaknya akan melakukan pengkajian ulang bersama dengan DPRD.

“Kita akan kaji lagi dengan DPRD, sebab menurut DPRD lokasi pembangunan diving center ini harus tetap berada di kawasan Nusaniwe,” cetusnya.

Ditambahkan, pembangunan diving center ini, harus dilakukan pada tahun ini mengingat ini merupakan anggaran yang berasal dari Kementerian Pariwisata tahun 2018. (Siwalima)

About the Author

-

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Veronica says:

    Sebenarnya sangat terlambat, jika ide ini baru terpikirkan. Provinsi Maluku memiliki sangat banyak tempat untuk diving,yg bisa menjadi jalur terbesar untuk menarik perhatian para Wisataean. Tapi pemerintah selama ini menutup mata dan menutup telinga. Kalau mau memperhatikan Diving, perhatikan juga apa saja yang menjadi bagian terpenting dari diving seperti kebersihan dari kelautan, jangan sampai para turis selamnya di lautan sampah. Seperti juga tawaran menarik di daerah Pantai, taman2 dan tempat duduk yg terawat dan bersih dan toilet serta tempat sampah yg cukup. Untzk menarik para tamu yg diving itu gampang, yg penting fasmlitasnya yg bersih dan nyaman. Thank you

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>