Published On: Wed, Oct 26th, 2016

Komisi II Dukung Dindik Berantas Pungli

399121233_d106413294Upaya Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Ambon membersihkan seluruh sekolah maupun jajarannya dari segala bentuk pungutan liar (pungli) mendapat apresiasi dari Komisi II DPRD Kota Ambon.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Ahmad Ohorela mengatakan, jika niat pemkot dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk memberantas pungli itu merupakan satu itikad yang baik.

“Kami mengapresiasi apa yang telah digagas oleh dindik karena sekolah sudah ditunjang dengan berbagai fasilitas sehingga tidak perlu memberatkan siswa lagi. Sehingga pemberantas pungli yang dilakukan Dindik kita sangat mendukungnya,” ujar Ohorela, kepada Siwalima di Ambon, Senin (24/10).

Menurutnya, pemberantasan pungli merupakan tanggungjawab bersama baik pemeirntah, swasta maupun seluruh warga kota.

“Kita semua harus mengawal ini karena pungli terjadi bukan di pemerintahan semata tetapi swasta maupun di masyarakat saja itu terjadi,” ujar Ohorela.

Olehnya itu, kata Ohorella, apa yang sudah dilakukan Dindik ini harus bisa diikuti oleh SKPD lain termasuk pada pelayanan perizinan satu pintu yang juga rentan terhadap pungli. Kenapa demikian karena, pungli bukan menjadi rahasia umum di masyarakat sehingga masyarakat juga diminta untuk membantu pemerintah memberantasnya.

“Kalau kita tidak memberi maka tidak terjadi pungli, lain halnya ketika dipaksakan oleh para guru misalnya yang mana tidak diatur dalam mekanisme sekolah maka wajib dilaporkan,” pinta Ohorela.

Sebelumnya diberitakan, dalam rangka mendukung program pemerintah pusat untuk membersihkan negara ini dari pungutan liar (pungli), maka kini hampir di seluruh daerah di Indonesia mulai berbenah dengan melakukan segala upaya agar tindakan seperti ini tidak boleh sampai terjadi.

Salah satu kementerian yang paling disoroti tentang pungli adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini dikarenakan praktek pungli ini kerap terjadi diseluruh sekolah-sekolah di negara ini.

Menindaklanjuti hal tersebut, maka Dinas Pendidikan Kota Ambon menyurati seluruh kepala sekolah untuk tidak boleh melakukan praktek-praktek yang menjurus ke pungli serta harus menindak tegas bila ada oknum guru yang melakukan praktek pungli

Kadis Pendidikan Kota Ambon Benny Kainama mengaku, pihaknya sudah melayangkan surat secara resmi tentang larangan lakukan praktek pungli di sekolah. Namun peran orang tua murid juga sangat penting dalam memberantas yang namanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan pihak sekolah kepada para siswanya.(Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>