Published On: Tue, Nov 8th, 2016

Korsel Lirik Potensi Perikanan Maluku

Share This
Tags

dom-14103216071Bukan hanya negara-negara di Eropa, namun beberapa negara di Asia termasuk Korea Selatan (Korsel) melirik potensi perika­nan di Provinsi Maluku.

Saat kunjungan Gubernur Ma­luku, Said Assagaff beberapa waktu lalu, Korsel menginginkan agar Maluku memasok ikan ke negara itu.

“Kekayaan perikanan yang dimiliki ternyata menjadi incaran beberapa negara, salah satunya Korea Selatan.  Pembicaraan saat pak gubernur berkunjung Korea Selatan Korea menginginkan agar Maluku dapat ekspor ikan,” kata Kepala Bagian Humas Provinsi Maluku, Bobby Palapia kepada Siwalima, Sabtu (5/11),

Sebagai provinsi kepulauan dengan luas lautan 93 persen membuat sumber daya perikanan di Maluku melimpah. Karena itu, wajar apabila Maluku menjadi incaran negara-negara Eropa dan Asia.

“Wilayah kita 93 persen itu laut, potensi ikan di wilayah kita sangatlah besar dan kualitas ikan kita juga bagus, sehingga tidaklah heran kalau ada negara yang mau untuk Maluku mengekspor ikan ke luar,” ujarnya.

Pertukaran Persahabatan

Saat kunjungan ke Korsel, gubernur juga menandatangani nota kesepahaman dengan Walikota Goyang, Provinsi Gyeonggi menyangkut pertukaran persahabatan.

Sebagai langkah awal, Pemprov Maluku berencana mengirimkan tim bidang pendidikan untuk mempelajari pola pendidikan di Kota Goyang.

“Pak gubernur sangat tertarik dengan pendidikan di sana yang pola pembelajarannya sangat baik, terutama pola pembelajaran di SD. Oleh sebab itu, langkah awal setelah penandatanganan itu,  pemprov akan kirimkan tim kecil untuk mengunjungi dan mempelajari pola pembelajaran di Korsel khususnya untuk tingkatan SD,” ujar Palapia.

Bukan hanya menandatangani nota kesepahaman tentang pertukaran persahabatan, namun Walikota Goyang juga berkeinginan untuk mengunjungi Maluku dan menjalin kerja sama di bidang pariwisata.

“Walikota Goyang berkinginan untuk mengunjungi Maluku, dengan potensi pariwisata yang ada, mereka ingin ada hubungan kerjasama dengan kita,” kata Palapia.(Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>