Published On: Tue, Sep 27th, 2016

Korupsi K13, Adik Mantan Bupati SBB Digarap Jaksa

Share This
Tags

1Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Se­ram Bagian Barat, Fransiane Putti­lei­­halat alias Nane akhirnya penuhi pang­­gilan penyidik Kejaksaan Tinggi Maluku.

Adik kandung bekas Bupati SBB dua periode Jacobus Puttileihat ini diperiksa, Senin (26/9), seputar kasus korupsi dana sosialisasi kurikulum K13 di tahun 2013. Nane diperiksa se­­bagai saksi untuk melengkapi ber­kas acara pemeriksaan (BAP) mantan Kepala Disdikpora SBB Bonjamina Dortje Puttileihalat alias Lou yang juga kakak kandungnya.

Mengenakan setelan jas hitam, Nane mendatangi kantor Kejati Ma­­luku di jalan Sultan Hairun, Am­­bon ditemani kuasa hukumnya, Daniel Nirahua.

Nane diperiksa penyidik selama 1,5 jam, mulai pukul 14.00 WIT. Dia dicerca 20 pertanyaan oleh jak­sa penyidik.

Sebelum memeriksa Nane, tim pe­nyidik bersama Kepala Seksi Pe­nyi­dikan Ledrik Takandengan me­la­kukan rapat internal di ruang Asis­ten Pidana Khusus Kejati Maluku, Victor Saut. Belum diketahui pasti tujuan dari rapat tersebut.

Usai jalani pemeriksaan, Nane me­ngaku kooperatif menghadiri pang­gilan penyidik. Alasannya ti­dak memenuhi panggilan penyidik se­be­lumnya karena kesibukan yang ti­dak bisa ditinggalkan.

“Yang jelas saya sangat koo­pe­ratif terhadap proses hukum atas per­kara tersebut. Saya ditanya 20 per­tanyaan oleh jaksa penyidik un­tuk melengkapi berkas Ibu Lou,” kata Nane.

Mengenai perannya memangkas honor sejumlah peserta maupun fa­silitator program K-13, Nane mem­bantahnya. “Oh tidak, saya kerja se­suai tugas saya. Dan soal (pe­mo­tongan honor) itu tidak be­nar,” tepis Nane. Penasehat Hukum Na­ne, Daniel Nirahua mengatakan, klien­nya sangat kooperatif terhadap pro­ses hukum yang tengah berjalan. “Sebagai waraga negara yang baik, klien saya telah kooperatif untuk menghadiri panggilan jaksa,” kata Nirahua.

Kasipenkum dan Humas Ke­jati Maluku, Samy Sapulette men­je­laskan, Nane diperiksa dalam seba­gai saksi untuk melengkapi BAP tersangka Lou.

Penyidik sementara meram­pung­kan BAP Lou dengan me­meriksa saksi-saksi. Sedangkan ter­sang­ka lainnya dalam kasus ini, Ledrik He­rold Sinanu telah di­ting­katkan dari pe­nyidikan ke penuntutan.

Setelah merampungkan dak­wa­an, tak lama lagi BAP Sinanu dilim­pahkan ke Pengadilan Tipikor Ambon untuk disidangkan. (KATIM-RUZ)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>