Published On: Mon, Dec 4th, 2017

KPU Ambon akan Verifikasi Faktual Parpol

Share This
Tags

KPU Kota Ambon akan melaksanakan proses verifikasi faktual terhadap belasan partai politik peserta pemilu legislatif tahun 2019.

Komisioner KPU Kota Ambon, Shaddek Fuad menjelaskan, proses verifikasi yang dilakukan oleh KPU dilaksanakan dalam dua tahapan. Yang mana verifikasi dilakukan terhadap 14 parpol yang dinyatakan lolos oleh KPU RI, kemudian verifikasi terhadap 9 parpol pasca putusan Bawaslu RI.

“Proses verifikasi yang sementara dilakukan oleh KPU ini, masih dalam penelitian administrasi keanggotaan partai. Akan tetapi, proses verifikasinya dalam dua tahapan yaitu terhadap 14 parpol dan 9 parpol setelah ada keputusan Bawaslu RI,” kata Fuad kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Minggu (3/12).

Dikatakan, nantinya 15 Desember mendatang, KPU Kota Ambon akan melakukan verifikasi terhadap 14 parpol, sebab sejak tanggal 2-14 Desember merupakan batas waktu yang diberikan KPU kepada 14 parpol itu untuk menyerahkan hasil perbaikan setelah dilakukan verifikasi adminstrasi.

“Dari tanggal 2 – 14 Desember penelitian penyerahan hasil perbaikan oleh 14 parpol, kemudian KPU Ambon akan lanjutkan dengan tahapan verifikasi,” katanya.

Sementara diantara 9 parpol yang diloloskan oleh Bawaslu RI, tercatat ada 4 parpol yang berada di kota Ambon. Untuk itu, proses verifikasi faktual terhadap parpol dimaksud baru akan dimulai tanggal 25 Desember.

“Jadi proses verifikasinya berbeda. Untuk 14 Parpol waktunya sendiri, kemudian 4 dari 9 parpol yang diloloskan oleh Bawaslu RI itu juga waktunya berbeda, “tandasnya.

Untuk diketahui, 14 Parpol yang dinyatakan lolos oleh KPU RI diantaraya, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDIP, Hanura, Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pertai Gerindra, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Berkarya, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Garuda.

Sedangkan 9 Parpol yang dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu oleh Bawaslu RI setelah melalui proses gugatan yaitu PKPI, PBB, Partai Republik, Partai Bhineka, Partai Rakyat, Parsindo dan Partai Indonesia Kerja (PIKA).

Dari 9 parpol itu, 4 partai berada di Kota Ambon dan akan menjalani verifikasi faktual yaitu PBB, PKPI, PIKA dan Partai Republik.(Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM