Published On: Fri, Oct 27th, 2017

KPU Ambon Masih Verifikasi Berkas Administrasi Parpol

Share This
Tags

Pasca penyerahan berkas pendaftaran oleh sejumlah partai politik, maka KPU Kota Ambon sementara melakukan proses verifikasi berkas administrasi sejak 17 Oktober – 15 November.

Sedikitnya ada 15 partai politik pada tingkat DPC maupun DPD di kota Ambon yang menyerahkan salinan berkas pendaftaran yang berisikan jumlah serta data keanggotaan milik partai-partai politik dimaksud.

Komisioner KPU Ambon, M Shaddek Fuad menjelaskan, sampai saat ini tim verifikasi yang dibentuk KPU tengah melaksanakan verifikasi administrasi terhadap berkas yang diserahkan. Sampai saat ini, terhitung ada partai yang masih diteliti secara administrasi.

“Sampai saat ini kita masih dalam proses penelitian berkas administrasi partai politik. Dari data yang saya cover, sudah sekitar 8 partai yang berkasnya masih dalam penelitian, “ungkap Fuad kepada Siwalima, di kantornya, Kamis (26/10).

Menurutnya, proses penelitian administrasi itu masih seputar pencocokan data keanggotaan yang diserahkan ke KPU Ambon dengan data keanggotaan yang berada di SIPOL. Tidak hanya itu, tim juga melakukan penelitian terkait KTP dan KTA milik anggota partai dengan yang tertera pada sistem SIPOL.

“Penelitiannya masih seputar data anggota, kemudian KTA maupun KTP yang diserahkan ke KPU Ambon dengan data yang ada pada SIPOL,” ujarnya.

Menyoal partai politik apa saja yang sedang diteliti berkas administrasinya, Fuad belum mau menyebutkannya, sebab menurutnya masih dalam proses sehingga nantinya jika sudah selesai barulah bisa diumumkan hasilnya.

“Kita masih teliti jadi nanti kalau sudah selesai baru kita umumkan. Yang pasti kita targetkan penelitian terhadap berkas adminstrasi parpol berjalan sesuai jadwal,” ungkapnya.

Fuad menambahkan, ketika proses verifikasi administrasi se-lesai, maka akan dilanjutkan de-ngan verifikasi faktual yang akan berlangsung hingga bulan Januari tahun 2018 mendatang. (Siwalima)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM