Published On: Mon, Feb 27th, 2017

KPU MTB Tetapkan Fatwa Unggul

Share This
Tags

Berdasarkan hasil keputusan pleno KPUD Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) tanggal 23 Febuari 2017, menetapkan kandidat Bupati/Wakil Bupati nomor urut 1 Petrus Fatlolon-Agustinus Utuwaly (FATWA) unggul atas kandidat nomor urut 2 dan 3, masing-masing Paulus Werembinan-Jusuf Selety (POWER JUSTIN) dan Dharma Oratmangun-Markus Faratnimela (DOA).

Dengan perolehan jumlah suara pasangan FATWA memperoleh 22.053 suara (39,74 persen), POWER JUSTIN 13.522 suara (24,36 persen), DOA 19.923 suara (35,89 pesren). Dengan selisih suara antara pasangan FATWA dengan DOA 2.130 suara (3.85 pesren), dengan pasangan POWER JUSTIN 8.531 suara (15.38 pesren).

Suara sah yang terlibat dalam pesta demokrasi lima tahun ini mencapai 55.497 suara (76.98 pesren) dari Daftat Pemilih Tetap (DPT) 72.981 suara.

Petrus Fatlolon kepada wartawan di Ambon, Minggu (26/2/2017) menilai partisipasi masyarakat dalam menyalurlan pilihan cukup tinggi, jika dibandingkan dengan pemilihan di empat kabupaten/kota yakni Buru, Seram Bagian Barat, Maluku Tengah dan Kota Ambon, yang rata-rata partisipasi pemilih 50-60 persen.

Kemungkinan ada upaya hukum dari kandidat lain Fatlolon menyatakan, siap untuk mempertahankan kemenangan dengan didasarkan pada alat bukti yang dimiliki.

Walaupun demikian dirinya berharap, dukungan dari pasangan calon lain untuk bergandengan tangan, lupakan perbedaan politik presepsi pilkada yg telah selesai untuk MTB yang kita cintai.

“Bila dilantik nantinya, saya butuh keterlibatan dari semua pihak terutama kandidat dalam memberikan saran, pikiran dalam memimpin dan membangun MTB kedepan,”ajaknya.

Sementara itu, Dharma Oratmangun yang dihubungi melalui telepon seluler mengungkapkan, dirinya bersama pasangan POWER JUSTIN tidak menyetujui hasil pleno yang telah ditetapkan KPU setempat.

Karena ada rekomendasi Panwas untuk dilakukan pemilihan suara ulang di beberapa TPS, namun sampai saat ini belum ditindaklanjuti oleh KPU.

“Karena belum ditindaklanjuti maka kelima komosioner KPU MTB telah diperiksa secara intensif oleh penyidik terkait persoalan ini,”ungkap Dharma.(TribunMaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>