Published On: Fri, Aug 12th, 2016

KPU SBB Tolak Akiwen-Tahir

b3421d61c2e52f3401982096318e97e0_XLPenolakan terhadap pasangan da­ri jalur perseorangan, terus terjadi. Kali ini, KPU Seram Bagian Barat, memutuskan me­nolak pasangan Vivakanada Akiwen-Tahir Bin Ahmad dari jalur perseorangan.

Ini setelah pasangan itu tidak memenuhi sya­­rat dukungan. Itu berarti hanya pasangan Sah­lan Heluth-Eduaward Makaruku dari ja­­lur perseorangan. “Sesuai keputusan KPU SBB nomor 13/KPTS/KPU SBB 029.433.645/VIII/2016 menolak daftar du­ku­­ngan Akiwen-Ah­mad,’’kata Ketua KPU Si­lehu Ahmad me­lalui pesan pen­dek kepada Kabar Timur, tadi malam.

Dia mengaku, berkas dukungan E KTP Akiwen-Ahmad hanya 10.236 dari dukungan minimal 13.930 E KTP.’’Jadi kita tolak pen­ca­lonan Akiwen-Ahmad. Itu ber­arti pasnagan perseorangan di Pil­kada SBB hanya Heluth-Maka­ruku,’’jelasnya.

Silehu mengaku, berkas Sah­lan dan Pak Makaruku telah leng­kap, setelah pihaknya mela­ku­kan pem­­berkasan. “Sudah diad­mi­nis­tra­si oleh KPU SBB. Tidak ada ma­salah,’’ terangnya.

Silehu mengaku,  dukungan SADAR tersebar di 10 kecamatan di daerah itu. Padahal, kata dia, se­suai aturan main calon inde­penden hanya butuh sebaran dukungan mi­nimal 6 kecamatan. ’’Tapi,  jumlah du­kungan dan  sebaran sudah me­menuhi syarat,’’terangnya.

Dikatakan, jumlah dukungan ke­pada SADAR melebihi 19. 358 ri­bu Kartu Tanda Penduduk atau KTP.’’Daftar Sistim Informasi Pen­calonan (SILON) hanya  eror 6 sua­ra, sisanya bagus dan terpenuhi. Kita tanda tangan penerimaan ber­kas secara teliti oleh KPU. Me­mang sudah memenuhi syarat adminis­trasi,’’ bebernya.

Selanjutnya, tambah dia, pihak­nya akan melakukan verifikasi fak­tual berkas dukungan SADAR. ’’Kita verifikasi 11 Agustus hing­ga 12 Agustus 2016 oleh KPU kabu­paten, setelah itu kami sampaikan ke PPS di desa untuk diverifikasi faktual secara nyata di lapangan. Itu batasnya dua minggu,’’jelasnya.

Apabila berkas SADAR telah lolos dari PPS, lanjutnya,  pihak­nya kembalikan dengan berita aca­ra di­sam­paikan ke PPK. “PPK ke­mu­­­dian pe­riksa selama 3 hari dan dimuat be­rita acara, kemu­dian disampaikan ke KPU SBB,’’ sebutnya.

Selanjutnya dari hasil itu, nan­tinya pihaknya akan memu­tuskan apa­kah SADAR lolos atau tidak se­bagai peserta Pilkada di SBB.  “Ha­sil itu, baru akan diketahui pada 20 Sep­tember hingga 23  September 2016 mendatang, apabila di­nya­takan lolos maka pasangan Sahlan Heluth- Edo Makaruku secara sah mendaftarkan diri bersamaan de­ngan pasagan yang diusung parpol,’’ paparnya.

Sebelumnya, KPU Kota Ambon ju­ga menolak menerima berkas pa­sangan Elsye Latuheru-Azis Tuny. Ini karena berkas dukungan pen­calonan pasnagan dengan jargon SATU Hati itu tidak disertai surat pernyataan dukungan. (Kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>