Published On: Mon, Jan 18th, 2016

Krisis Air Bersih, Sopir Tangki Ikut Mengeluh

Share This
Tags

8d385e10586aebc49edd93110a5187aa_XLKrisis air di Kota Ambon tidak hanya dikeluhkan masyarakat di sejumlah kawasan di Am­bon. Krisis air bersih yang terjadi dalam kurun wak­tu sebulan terakhir ini juga dikeluhkan sopir truk tangki yang selama ini mengangkut air bersih ke rumah-rumah warga.

Salah seorang sopir tangki, Ongke Amahury me­ngatakan sebelum terjadinya krisis air bersih, dia dan sjeumlah sopir tangki lainnya bisa mendistribusikan ke rumah-rumah warga mulai dari 15 hingga 17 tangki mo­bil. Namun, saat ini dia hanya bisa mendapatkan tu­juh sampai delapan tangki per hari.

“Yang jelas air sudah sangat berkurang. Biasanya ki­ta bolak-balik melayani masyarakat di kota Ambon bisa mencapai 15 hingga 17 kali, namun sekarang su­dah tidak bisa lagi,”katanya kepada wartawan di Ambon, Sabtu (16/1).

Menurutnya, berkurangnya pasokan air bersih sa­at ini menjadi salah satu penyebab utama dia dan sejumlah sopir lainnya tidak lagi mampu mengangkut air dalam jumlah yang banyak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Air sudah terbatas, malah waktu yang diperlukan untuk mengisi ke dalam tangki cukup lama,”sebutnya.

Dia sendiri tidak menampik kalau kekeringan yang memicu terjadinya krisis air menyebabkan terjadinya lonjakan harga air bersih di masyarakat. Dia mengaku harga air mengalami kenaikan secara berpariasi.

“Harapannya semoga kekeringan ini dapat berlalu dan stok air bisa kembali normal agar harga air bersih yang dikeluhkan masyarakat bisa kembali normal,”katanya.

Saat ini harga air yang di beli masyarakat per tengki atau untuk 5.000 liter air dijual dengan harga mulai dari R 140.000 hingga Rp 350.000. Kondisi ini pun sudah terjadi selama krisis air terjadi di Kota Ambon, semula warga membeli air dengan harga Rp 120.000 per tengki. (Kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>