Published On: Wed, Mar 21st, 2018

Layanan Publik di Maluku Terjelek se-Indonesia

Share This
Tags

Pelayanan publik di Maluku ternyata  jauh dari kata layak. Ombudsman RI menyatakan kondisi ini terjadi di seluruh daerah termasuk Kota Ambon dan terkesan dibiarkan. Kecuali Pemkot Ambon yang dinilai berkeinginan memperbaiki kinerja, Pemda yang lain termasuk Pemprov Maluku bersikap acuh tak acuh.

“Pelayanan publik di Maluku paling jelek se-Indonesia,” ujar Ketua Ombudsman RI Hasan Slamet, Selasa (20/3).

Berbicara di depan peserta sosialisasi Zone Integritas Menuju Wilayah Bersih Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih dan Melayani (WBBM) di jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku, Hasan Slamet mengaku ini rilis resmi Ombudsman RI Pusat.

“Pemda Provinsi Maluku tahun 2017 masuk Zona Merah. Sedang Kota Ambon kuning, yang lain itu merah. Zona Merah itu artinya pelayanan publiknya buruk,” jelas Hasan kepada Kabar Timurusai sosialisasi.

Terkait Pemkot Ambon, dia menjelaskan Wali Kota Richard Louhenapessy dinilai memiliki goodwill untuk memperbaiki keadaan. Richard sejak mengetahui pelayanan publik di pemerintahannya, kata Hasan, ingin berubah.

Wali Kota Ambon itu bahkan meminta Ombudsman RI Provinsi Maluku melakukan pendampingan.

Yang ironis menurutnya malah Pemprov Maluku. Meski berada di Zona Merah alias layanan publik dengan katagori buruk, ketika diberi rekomendasi tak ambil sikap.

Contoh kasus, adalah pelayanan publik di RSUD dr Haulussy, kata Hasan, jauh di bawah standar layanan prima yang diisyaratkan bagi rumah sakit milik pemerintah daerah.”Kalau ditanya mengapa seperti itu, kita punya data dan fakta yang jelas. Di Jakarta ketika diundang oleh Wapres, lihat Provinsi Sulsel terima penghargaan kita Maluku kayak tuyu nganga (lihat) pisang, memalukan,” ujarnya jengkel.

Lebih lanjut, ungkap Hasan, UPT pusat Kementerian Hukum dan HAM semisal Kantor Imigrasi Kelas I Ambon juga berada di Zona Kuning. Melalui sosialisasi yang digelar oleh Kemenhukham RI Maluku, kemarin dia berharap UPT dimaksud mampu memperbaiki kinerja aparaturnya dalam layanan terhadap publik.  (Kabar Timur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>