Published On: Mon, Nov 10th, 2014

Lomba Poster, Ajang Tuangkan Ide Kreatif Remaja

Share This
Tags

PosterGenerasi muda sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan daerah, bangsa dan negara harus disiapkan sejak dini.

Hasil sensus penduduk tahun 2010 menunjukkan jumlah remaja umur 10-24 tahun di Maluku sebanyak 446.338 jiwa dari jumlah penduduk 1.533.506 jiwa.

Dengan jumlah ini disertai dengan banyaknya permasalahan yang dialami remaja seperti penyalahgunaan NAPZA, HIV-AIDS, seks bebas, pernikahan usia dini hingga aborsi yang mengakibatkan kematian.
Salah satu masalah remaja yang sering terjadi yaitu kehamilan di luar nikah akibat pergaulan bebas dan berujung pada aborsi illegal yang dapat menyebabkan kematian.

Hal ini menunjukan bahwa remaja belum mendapatkan informasi yang benar tentang kesehatan reproduksi remaja dan usia perkawinan pertama.

Pemerintah telah banyak melakukan berbagai upaya untuk menghindarkan remaja dari berbagai masalah.

BKKBN juga ikut berperanan  aktif dalam upaya pemberian informasi yang benar tentang remaja dan kehidupannya.

Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Senin (10/11/2014) melaksanakan Lomba Poster Generasi Berencana tingkat Provinsi Maluku yang bertujuan untuk mensosialisasikan program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), termasuk konsep Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) dalam persiapan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Demikian sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Drs. Djufry Assegaff sekaligus membuka dengan resmi acara Lomba Poster Genre dimaksud.

Assegaff berharap, lomba ini dapat menjadi ajang bagi remaja untuk menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif sebagai wujud nyata pemahaman akan konsep Kependudukan dan KB dari kacamata remaja.

Ketua Panitia Lomba Poster Genre Marthin Manuputty, S.Sos melaporkan, tujuan dilaksanakannya lomba adalah: Mensosialisasikan konsep pendewasaan usia perkawinan, Terinformasikannya Take Line 2 anak cukup, PUP, 4 Terlalu dan MKJP bagi remaja,  Meningkatkan serta menumbuhkembangkan  minat, kesadaran dan perilaku hidup individu remaja yang berwawasan kependudukan, sebagai media kreatifitas bagi remaja dan perluasan jaringan peduli PUP.

Jumlah peserta 83 orang berasal dari 9 SMP, 6 SMA di Kota Ambon, sisanya dari Perguruan Tinggi seperti Politeknik Negeri Ambon, Unpatti dan STAKPEN Ambon.

Lomba Poster ini dilaksankan di aula Kantor Perwakilan BKKBN Maluku dengan biaya bersumber dari DIPA BKKBN Promal tahun 2014.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>