Published On: Tue, Jan 9th, 2018

Louhenapessy : Peraturan Negeri Jadi Syarat Pemilihan Raja

Share This
Tags

Peraturan Negeri (Perneg) “Mata Rumah Parentah” adalah satu proses penting dalam pemilihan raja di desa/negeri yang mutlak harus dimiliki oleh desa/negeri adat-adat yang di Kota Ambon.

Dikatakan oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (09/01/18).

Katanya, “Peraturan Daerah (Perda) Kota Ambon yang terkait dengan “Mata Rumah Parentah ditetapkan oleh Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Kota Ambon dalam penentuan pemilihan raja-raja”.

“Sesuai dengan perda itu sendiri DPRD sudah menetapkan harus ada peraturan negri yang paling utamanya adalah peraturan yang menetapkan siapa saja terlibat dalam penentuan peraturan negri “mata rumah parentah”, Lanjutnya.

Menurut Louhenapessy, pemilihan raja bagi desa/negeri harus memiliki pemimpin yang definit atau raja yang sudah ditetapkan berdasarkan keputusan bersama atau musyawarah untuk menentukan siapa calon yang tepat memimpin desa/negeri.

“Maka dari itu peraturan merupakan hal yang penting bagi desa/negeri adat dalam menetapkan atau menentukan raja-raja bagi desa/negeri yang tepat bagi mereka,” Jelasnya. (N25News)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>