Published On: Fri, Nov 27th, 2015

Maluku Bakal Mekarkan 13 Kabupaten Baru

Share This
Tags

a98564d70e51251385358bacb1db89f1_XLMaluku akan memekarkan 13 kabupaten baru pada 2016, guna mem­­percepat pemerataan pem­ba­ngu­nan dan penduduk, serta mening­kat­kan ekonomi dan pelayanan sosial di provinsi tersebut.

“Jika kabupaten baru ini ditambah de­ngan 11 kabupaten/kota yang ada ma­ka kita akan memiliki 24 kabupaten/ko­­ta,” kata Gubernur Maluku Said Assa­­gaff dalam arahannya pada Musya­­warah Besar Masyarakat Malu­ku (Mubes MA­MA) di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan kepadatan penduduk yang tidak seimbang antarwilayah dan ma­sih kurangnya infrastruktur akan me­ning­katkan kesenjangan sosial dan ekonomi masyarakat pada ta­hun-tahun ke depan. “Jika tidak se­gera diantisipasi maka tingkat ke­mis­kinan akan terus meningkat,” kata dia.

Karena itu, kata Said, peme­karan 13 kabupaten baru tersebut me­rupakan kebutuhan penting meng­­ingat pembangunan di ber­ba­­gai sektor di Maluku selama ini belum merata dan timpang. “Me­mekarkan banyak wilayah baru dan menyesuaikan jumlah penduduk adalah salah satu cara untuk me­nyeimbangkan pembangunan di berbagai sektor,” ucapnya.

Kabupaten yang akan dime­kar­kan pada 2016 antara lain Se­ram Utara Raya, Kepulauan Kei Besar, Jazirah Leihitu, Kayeli, Go­rom-Wakate, dan Tabaletei. “Pu­lau Seram merupakan salah satu wilayah di Maluku dengan kepa­da­tan penduduk yang tinggi diban­dingkan pulau lainnya, makanya Pulau Seram juga akan dimekarkan menjadi kabupaten baru, salah sa­tu yang sudah diusulkan adalah Ka­­bupaten Seram Utara Raya,” ucapnya.

Selain memekarkan 13 kabu­pa­ten baru pada 2016, Said me­nga­takan Pulau Banda yang seka­rang berada di bawah wilayah Kabu­paten Maluku Tengah juga tengah di­upayakan agar segera dijadikan ka­wasan ekonomi khusus (KEK).

“Dengan potensi sejarah, bu­daya, dan pariwisata yang dimi­likinya, Banda sangat tepat jika di­jadikan KEK, ini tentunya akan se­makin meningkatkan pere­kono­mian masyarakatnya dan Malu­ku secara luas,” ucapnya. (kabar timur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>