Published On: Fri, Dec 11th, 2015

Maluku Harus Kembangkan Sistem Resi Gudang

Share This
Tags

Ilham Tauda BappedaAda beberapa isu prioritas yang berkaitan dengan bidang ekonomi di Maluku yaitu; Peningkatan ketahanan pangan daerah, Peningkatan daya saing ekonomi dan Peningkatan investasi.

Provinsi Maluku memiliki beberapa komoditi unggulan seperti Pala, Cengkeh, Kelapa, Pariwisata Bahari dan Pertambangan.

Demikian penjelasan Ilham Tauda, Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Provinsi Maluku kepada wartawan di Ambon, Jumat (11/12).

Dikatakan, setiap tahun Pemda Maluku mengembangkan beberapa program terutama budidaya Cengkeh dan revitalisasi terhadap tanaman Cengkeh yang umurnya sudah tua dan tidak produktif lagi, serta penambahan luas areal.

Maluku diberikan ruang untuk mengembangkan Sistem Resi Gudang (SRG) dan Bappeda Maluku telah mendorong Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk membentuk SRG dimaksud, guna membantu petani meningkatkan pendapatannya dengan komoditi penting seperti Cengkeh, Pala dan Rumput laut.

Untuk itu harus ada lembaga khusus yang menangani SRG dimaksud seperti, apakah BUMD atau Pemerintah Daerah penghasil komoditi, perlu dipersiapkan Bank, dan lain-lain.

Terkait dengan Sucofindo, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku telah meminta Sucofindo yang ada di Makassar untuk datang ke Ambon  Maluku, guna membantu menangani masalah ekspor karena Maluku punya komoditi Cengekeh dan Pala tetapi diekspor dari provinsi lain  seperti Surabaya, Makassar dan Jakarta, sehingga Maluku dianggap rugi.

Selain itu, Maluku punya peluang untuk menangkap Rating Cargo dengan adanya program Presiden RI Joko Widodo soal Tol Laut. Terhadap hal itu maka Pemerintah Pusat mengarahkannya ke wilayah Maluku Tenggara karena konektivitas masih kurang dan proses ini sudah berjalan.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>