Published On: Wed, Jan 28th, 2015

Maluku Siap Wujudkan Swasembada Pangan

Share This
Tags

Ir. Diana Padang, M.SiUntuk mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional maka Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman melakukan Nota Kesepahaman dengan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Nota Kesepahaman dengan Nomor: 01/MoU/RC.120/M/1/2015 Nomor: 1/1/2015 ditandatangani di Jakarta 8 Januari 2015 lalu, dan berlaku sejak ditandatangani sampai dengan akhir tahun 2015, serta dapat diperpanjang dengan persetujuan kedua belah pihak.

Sebagai tindak lanjut dari MoU tersebut maka Menteri Pertanian RI menginstruksikan kepada Bupati, Kepala Dinas Pertanian Provinsi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota, Komandan Kodim di seluruh Indonesia untuk melakukan Pencanangan Gerakan Perbaikan Irigasi.

Instruksi Menteri Pertanian itu melalui surat yang ditandatangani oleh Sekjen dengan Nomor B-147/SR.120/A/01/2015 tanggal 16 Juanuari 2015 perihal Pencanangan Gerakan Perbaikan Irigasi.

Isinya adalah melakukan Pencanangan Gerakan Perbaikan Irigasi melalui acara Peletakan Batu Pertama secara serentak di seluruh Indonesia tanggal 20 Januari 2015.

Secara resmi Presiden RI Joko Widodo juga melakukan pencangan di Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat.

Demikian penjelasan Kepala Dinas  Pertanian Provinsi Maluku Ir. Diana Padang, M.Si kepada Tribun-Maluku.Com diruang kerjanya Rabu (28/1/2015).

Menurut Padang, untuk Provinsi Maluku tangal 20 Januari 2015 juga dilakukan pencanangan pada 4 Kabupaten yang merupakan sentra produksi Padi, oleh Dandim dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten.

Empat Kabupaten tersebut adalah Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan Buru.

Selanjutnya, akan ditindaklanjuti dengan kegiatan Pembuatan/Rehabilitasi Saluran Irigasi Tersier dan Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GPPTT) seperti Padi, Jagung dan Kedelai.

Dikatakan, GPPTT untuk Jagung dilakukan di Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Timur dan Maluku Tenggara, sedangkan GPPTT untuk Kedelai dilakukan di Kabupaten Maluku Tengah dan Maluku Tenggara Barat.

Semua kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Promal ini sasarannya adalah untuk swasembada pangan yang berkelanjutan di daerah ini.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>