Published On: Wed, Feb 7th, 2018

Mantan Dirut Panca Karya Ditahan

Share This
Tags

Mantan Direktur Perusahan Daerah (PD) Panca Karya, Yopie Huwae dijebloskan ke penjara Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Selasa (6/2).

Penahanan tersangka kasus sengketa lahan eks Hotel Anggrek seluas 1,4 hektar itu setelah Kasat Reskrim Polres Ambon, AKP. Teddy menandatangani Surat Perintah Penahanan (SPH). “SPH sudah saya tanda tangan kemarin (Senin),” kata Teddy, kemarin.

Setelah mendapatkan laporan dari anak buahnya, Teddy memastikan Huwae ditahan selama 20 hari ke depan. “Dia sudah ditahan selama 25 hari, kemudian akan diperpanjang masa penahanan untuk menjalani proses penyidikan,” ujar mantan Kasat Reskrim Polres MTB ini.

Meski begitu, Teddy tidak menjelaskan alasan penahanan Huwae. Namun diduga penahanan ini lantaran tersangka mangkir untuk menjalani pemeriksaan penyidik, Senin (5/2).

Pada hari itu, setelah menyandang status tersangka, Huwae dijadwalkan menjalani pemeriksaan. Surat panggilan pemeriksaan telah dilayangkan penyidik Polres Ambon dan tersangka pekan kemarin.

Penetapan Huwae sebagai tersangka setelah penyidik mengantongi sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), Risalah Pengolahan Tanah (RPT) dan Risalah Pengolahan Data (RPD). Dia diduga menggunakan sertifikat HGB 99 yang ternyata palsu untuk mengajukan peninjauan kembali ke Mahkamah Agung terkait kasus tersebut.

Kasus sengketa lahan eks Hotel Anggrek seluas 1,4 hektar melibatkan Pemprov Maluku dan pemilik lahan Martin Stevanus Muskita. Sebelumnya Pengadilan Negeri Ambon telah memenangkan ahli waris pemilik lahan Martin Stavanus Muskita, dan mengeluarkan perintah eksekusi atas lahan tersebut sejak tahun 2011 silam.

Ahli waris juga telah memenangkan kasus tersebut di tingkat kasasi, namun Pemprov Maluku melakukan peninjauan kembali dengan menggunakan SHGB yang diduga palsu. (Kabar Timur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.