Published On: Sun, Aug 27th, 2017

Menjaga Stabilitas Keamanan Tantangan Terberat ASEAN di Masa Depan

Share This
Tags

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudimengatakan, terdapat sejumlah capaian selama 50 tahun berdirinya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN.

Retno mengatakan, selama setengah abad ASEAN berdiri, stabilitas keamanan negara-negara anggotanya terjaga dengan baik.

Kondisi itu turut mendorong terciptanya pembangunan ekonomi yang merata di negara-negara ASEAN.

“Tak hanya mampu mencipakan kondisi ASEAN yang stabil dan damai, tetapi juga kemanfaatan ekonomi. Situasi yang baik bagi negara-negara ASEAN dengan dapat melalukan pembangunan ekonomi yang baik dan tumbuh di atas rata-rata,” ujar Retno usai kegiatan parade menyambut ulang tahun ke-50 ASEAN di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (27/8/2017).

Retno menyampaikan, situasi internasional yang terjadi ke depan akan sangat dinamis. Hal itu turut mempengaruhi tantangan di tiap negara.

Sehingga, menjaga stabilitas keamanan negara-negara ASEAN merupakan tantangan terberat yang akan dihadapi.

“Menjadikan negara ASEAN damai dan stabil ini merupakan tantangan paling besar. Begitu juga soal keamanan, misalnya masalah terorisme. Maka masa depan ASEAN bagaimana negara-negaranya menangani masalah-masalah itu,” ujar Retno.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

- BALAGU.COM