Published On: Tue, Nov 24th, 2015

Menteri Luhut Lebih Setuju Pecandu Narkoba Direhabilitasi

Share This
Tags

f39eb12d-c1ac-4095-b8c2-cfe59feb476b_169Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengaku lebih setuju pengguna narkoba direhabilitasi ketimbang dipidana. Namun bila seorang pengguna sudah mengkonsumsi narkoba berulang kali, maka akan dilihat lagi perlu tidaknya dipidana.

“Kalau yang pecandu ini akan kami rehabilitasi tapi kalau dia berkali-kali nah itu akan kami lihat,” kata Luhut di kantornya, jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (24/11/2015).

Menurut Luhut belum tentu semua orang yang mengkonsumsi narkoba dilakukan dengan sengaja. Ada di antaranya yang dikasih orang lain dengan tujuan tertentu.

“Ya kami lebih setuju kalau dia (pecandu) di rehabilitasi. Kadang kadang ada yang tidak mengerti dia dikasih ekstasi supaya dia tidak tidur dan belajar,” kata Luhut.

Kepala Badan Narkotika Nasional Komisaris Jenderal Budi Waseso yang awalnya tak mau pengguna narkoba direhabilitasi mulai melunak. Menurut dia soal pengguna narkoba direhabilitasi atau dipidana masih jadi bahan kajian.

“Iya itu kan masih dalam pembahasan awal artinya banyak pendapat juga. Ada yang korban itu harus direhabilitasi ada juga yang harus melawati proses hukum supaya tidak menambah lagi,” kata pria yang akrab disapa Buwas itu di tempat yang sama.

Menurut Buwas yang penting adalah pengguna narkoba itu ada efek jera. Apabila seseorang dengan sengaja secara berulang-ulang mengkonsumsi narkoba, kata dia, tentu layak dipidana.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>