Published On: Wed, Nov 4th, 2015

Mesir Perketat Pengamanan Bandara Usai Jatuhnya Pesawat Rusia

Share This
Tags

Otoritas Mesir meningkatkan pengamanan di seluruh bandaranya usai insiden jatuhnya pesawat maskapai Rusia, Metrojet. Persiapan sebelum lepas landas diperketat, termasuk pemeriksaan tambahan terhadap pesawat.

Seperti dilaporkan media lokal, Bawaba dan dilansir kantor berita Rusia, TASS, Rabu (4/11/2015), Departemen Keamanan Nasional Mesir meninjau ulang strategi untuk melindungi pesawat yang terbang di wilayahnya. Akan ada tim khusus yang bertugas memastikan keamanan ditegakkan di setiap bandara.

Kini, seluruh pesawat wajib menjalani pemeriksaan secara menyeluruh yang dilakukan oleh tim khusus, sebelum akhirnya tim lapangan memberi izin kepada pesawat untuk lepas landas.

Otoritas Mesir sebelumnya telah membantah klaim militan afiliasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang bermarkas di Sinai, lokasi jatuhnya pesawat, bahwa mereka yang menembak jatuh pesawat jenis Airbus A-321 tersebut. Namun demikian seluruh dugaan penyebab jatuhnya pesawat masih terbuka.

Kesimpulannya akan ditentukan berdasarkan informasi yang didapat penyidik, baik dari rekaman penerbangan pada kotak hitam hingga data satelit. Tim juga menganalisis data-data pilot dan kopilot untuk mencari tahu apakah keduanya mengalami gangguan kejiwaan saat menerbangkan pesawat.

Tim khusus di Mesir ini juga akan memeriksa setiap video yang terekam CCTV bandara Sharm el-Sheikh, untuk memeriksa apakah ada sosok mencurigakan yang ikut dalam pesawat. Informasi soal seluruh penumpang dan awak di dalam pesawat nahas itu, juga tengah dipelajari.

Total 217 penumpang dan tujuh awak pesawat tewas dalam insiden yang terjadi pada Sabtu (31/10). Sebagian besar penumpang merupakan warga negara Rusia, dengan sekitar 4 penumpang asal Ukraina dan satu penumpang dari Belarusia.

Pesawat penumpang Rusia itu jatuh selang 23 menit setelah lepas landas dari Bandara Sharm el-Sheikh, Sinai, Mesir. Puing-puing pesawat ditemukan di area seluas 20 kilometer persegi. Penyebab jatuhnya pesawat masih terus diselidiki.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>