Published On: Thu, Jan 11th, 2018

Murad: Saya Berdosa Kalau Tidak Bangun Maluku

Share This
Tags

Bakal calon gubernur dan wakil gubenrur Maluku, Murad Ismail-Barnabas Orno resmi mendaftar ke kantor KPU Maluku, Rabu (10/1).

Pasangan dengan jargon “Baileo” ini datang ke Kantor KPU Maluku sambil diarak ribuan masa pendukungnya.  Seluruh pimpinan partai politik pengusung termasuk sejumlah tokoh Maluku juga ikut mengantar Murad-Orno.

Saat mendatangi Kantor KPU Maluku Mantan Dankor Brimob Polri dan Bupati Maluku Barat Daya ini naik di atas mobil yang “disulap” persis kapal nelayan. Keduanya juga didampingi oleh istrinya masing-masing.

Pemeriksaan berkas pencalonan pasangan Murad-Orno berlangsung lancar tanpa ada kekurangan apapun. KPU kemudian menyerahkan tanda terima pencalonan kepada kedua pasangan ini.

Seusai mendaftarkan diri, Murad mengungkapkan keputusannya untuk ikut mencalonkan diri di Pilkada Maluku 2018 semata hanya untuk memajukan provinsi berjuluk seribu pulau tersbeut agar dapat keluar dari masalah kemiskinan.

“Karena kemiskinan. Tahun 2011 nomor 3 sekarang nomor 4 setelah Papua, Papua Barat dan NTT,”kata Murad kepada wartawan usai mendaftar di Kantor KPU Maluku,Rabu (10/1).

Murad mengaku jabatannya di Polri sangatlah strategis yakni sebagai Komandan Korps Brimob Polri, namun dia rela melepaskan jabatan tersebut karena telah berniat kembali ke Maluku untuk membangun daerah.

“Saya pensiun masih dua tahun lagi, dan jabatan saya adalah jabatan yang paling strategis di kepolisian, kenapa saya tinggalkan ini semua karena tadi niat saya itu. Saya merasa berdosa kalau saya tidak kembali membangun Maluku,”ungkapnya.

Dia menjelaskan saat ini adalah kesempatan bagi dirinya untuk membangun Maluku dan mengeluarkan daerah itu dari persoalan kemiskinan. Baginya kesempatan tidak akan datang dua kali karena itu dia bertekad jika terpilih nanti dia akan mengabdikan dirinya untuk membangun Maluku agar lebih maju lagi.

“Alah SWT, Tuhan yang maha esa telah kasih saya kelebihan, Network yang baik dan ini kesempatan saya untuk membangun Maluku, karena kalau menunggu sampai pensiun kesempatan tidak datang dua kali,”ujarnya.

Menyoal pengunduran dirinya dari Polri, Murad mengaku bahwa dia telah melayangkan surat permohonan pengunduran diri ke Kapolri sejak tanggal 7 januari lalu.

“Kemarin saya telah menandatangani permohonan pengunduran diri dari kepolisian dan saya sudah kirim ke Kapolri nanti pada saat penetapan (KPU) saya akan menghadap Kapolri dan saya akan minta rekom bukan saja rekom dari partai tapi juga dari kepolisian bahwa Kapolri mengizinkan saya mengikuti Pilkada, itu berarti saya telah resmi mundur dari kepolisian,”jelasnya.

Minta Polisi Netral

Dalam kesempatan itu Murad juga meminta kepada seluruh anggota Polri yang bertugas di Provinsi Maluku dapat menjaga netralitas dalam Pilkada Maluku.“Saya minta seluruh anggota polisi maupun petugas yang lain netral di Pilkada Maluku,”kata dia.

Murad mengatakan Pilkada Maluku harus dapat berjalan secara jujur tanpa harus diwarnai dengan kecurangan. Baginya cara-cara yang tidak jujur mapun berbagai praktek kecurangan di Pilkada hanya akan merusak kualitas demokrasi itu sendiri.

“Saya sama Pak Barnabas Orno pun tidak happy, saya tidak akan senang kalau saya menang di pilkada nanti dengan cara-cara yang curang dan saya juga tidak mau dicurangi,”katanya.

Karenanya dia meminta agar anggota polisi tidak harus membelanya dan mencari kesalahan calon lain selama berlangsungnya Pilkada.  Dia pun menyerukan agar semua pihak dapat berlaku jujur di Pilkada Maluku.

“Yang penting mari kita berlaku jujur saya juga tidka menginginkan anggota kepolisian itu membela saya dan cari-cari salah orang yang penting berlaku jujur ke semua kontestan itu sudah sangat baik,”ungkapnya.

Murad dan pasangannya Barnabas Orno secara resmi mendaftar ke kantor KPU Maluku  untuk ikut dalam Pilkada Maluku 2018. Murad mendaftar dengan berbekal rekoemndasi dari delapan partai politik, yakni PDI-Perjuangan, Partai Gerindra, Partai NasDem, PKB, PKPI, PPP dan PAN.

Dengan dukungan partai tersebut dia yakin akan memenangkan Pilkada Maluku.

“Isha Allah dengan nawaitu kita yang baik saya dan Pak Abas Orno mudah-mudahan direstui  langkah kita karena niat kita tulus semata-mata hanya untuk membangun Maluku,”katanya

(Kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>