Published On: Mon, Dec 21st, 2015

Napi Sengaja Bakar Lapas Piru

Share This
Tags

d39254ab75a1a93611a3996243fe7981_XLPolisi memastikan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dibakar.

Kepastian ini diperoleh setelah Polres SBB melakukan olah tempat kejadian perkara pasca pembakaran Lapas Piru oleh narapidana pada 17 Desember 2015.

Hasil olah TKP disimpulkan aset milik pemerintah itu sengaja dibakar dalan kerusuhan antar narapidana di dalam Lapas tersebut. Polres SBB menggelar olah TKP di Lapas Kelas II-B Piru, Jumat pekan kemarin.

Bangunan Lapas sengaja dibakar. “Penyidik yang melakukan olah TKP menemukan sejumlah benda yang digunakan para napi saat merusak dan membakar bangunan Lapas,” kata Iptu Alexander Pesiwarissa, Kaur Ops Polres SBB, pekan kemarin.

Setelah berhasil mengumpulkan bukti dan data-data di TKP, polisi juga telah memeriksa sejumlah napi dan sipir Lapas Piru. Dalam waktu dekat Polres SBB akan menetapkan tersangka dalam kasus ini.

Sebelumnya, puluhan napi mengamuk dan membakar fasilitas di Lapas Piru. Bahkan para napi sempat menyerang sipir yang sedang bertugas. Napi protes karena banyak hak mereka dikebiri, seperti hak untuk asimilasi dan lainnya.

Informasi lain yang dihimpun Kabar Timur menyebutkan, penyebab bentrok  berawal dari aksi adu jotos antar napi yang ketahuan menggoda istri napi lainnya lewat telepon seluler.

Bahkan, tak kalah seru bentrok tersebut dipicu bisnis miras di dalam Lapas Piru. Sebelum kerusuhan di Lapas Piru pecah, sejumlah napi menggelar pesta miras.

Salah satu okum sipir atau petugas piket Lapas juga diduga ikur merayakan “pesta miras” bersama napi.

Pasca rusuh, napi dievakuasi dan diamankan di bangunan baru Lapas Kelas II B Piru di Jalan Trans Seram, Desa Piru, Kecamatan Seram Barat, SBB. (Kabartimur)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>