Published On: Fri, Nov 27th, 2015

Nelayan Maluku Harus Sejahtera

Share This
Tags

Sebagai bagian dari pemuda dan masyarakat intelektual Perikanan, kami sangat mengapresiasi telah terbentuknya Kepengurusan defenitif Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Wilayah Maluku, yang telah melakukan Musyawarah Daerah (Musda)  (26-27/10) lalu.

Nelayan di Maluku sekarang tertumpu pada kepengurusan baru ini untuk dapat memperjuangkan aspirasi mereka agar dapat berkonstribusi dalam pembangunan kelautan dan perikanan, guna peningkatan kesejahteraan hidupnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Amrullah Usemahu, S.Pi Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) kepada Tribun-Maluku.com di Ambon (27/11).

Dikatakan, HNSI Maluku sempat vakum dan hampir 10 tahun Organisasi Nelayan ini belum memaksimalkan keberadaannya di Maluku, oleh karena itu dengan Musda kemarin harus menjadi awal kebangkitan HNSI Maluku untuk bisa pro aktif dalam menyuarakan kepentingan Nelayan di Maluku.

Maluku sebagai provinsi yang berkarakteristik kepulauan memiliki 1.340 pulau dengan luas 712.480 km2, yang terdiri dari 92,4 persen lautan dan 7,6 persen daratan. Kondisi geografis ini membuat Maluku memperjuangkan untuk dijadikan sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) oleh pemerintah pusat.

Potensi produksi sektor Perikanan Tangkap mencapai 1,7 juta ton pertahun namun belum memberikan kesejahteraan bagi Nelayan di Maluku, dari data yang diperoleh sekitar 1,62 juta penduduk di Maluku tahun 2013 sekitar 19,13 persen adalah rumah tangga petani dan nelayan.

Jumlah ini ini turut memberikan kontribusi pada angka kemiskinan di Maluku, sehingga Maluku masih menempati urutan ke empat provinsi termiskin di tanah air setelah Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Melihat kondisi potensi yang ada maka seharusnya Nelayan di Maluku harus bisa maju dan sejahtera bukan sebaliknya, apalagi disaat KKP lagi melakukan kebijakan Moratorium terhadap kapal Asing maka seharusnya Nelayan Maluku bisa berdaulat dengan memanfaatkan potensi laut yang besar yang dimilikinya.

Diharapkan, Pengurus HNSI Maluku yang baru, dapat membuat program-program dan terobosan strategis baik jangka pendek, menengah maupun panjang, yang dapat meningkatkan pendapatan Nelayan.

Selain itu perlu mendorong kebijakan yang pro nelayan dalam peningkatan infrastruktur kenelayanan yang memadai, memperkuat galangan kapal lokal serta modernisasi alat tangkap dan peningkatan SDM Nelayan, sehingga Nelayan Maluku bisa bersaing sehat dalam memanfaatkan potensi lautnya.(Tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>