Published On: Thu, Feb 9th, 2017

Nikmati Ambon ala Jokowi: Salat Jemaah, Makan Bakso dan Beli Buku

Share This
Tags

Setelah memberikan bantuan makanan tambahan dan ‘Kartu Sakti’ di Kelurahan Rumah Tiga dan SMPN 2 Kota Ambon, Maluku, Presiden Jokowi melanjutkan acaranya dengan salat magrib berjemaah. Setelah itu, Jokowi menyapa warga di pusat perbelanjaan.

Jokowi menunaikan salat magrib berjemaah di Masjid Raya Al-Fatah, Kota Ambon, Rabu (8/2/2017). Jokowi ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan juru bicara Presiden Johan Budi SP.

Jokowi mengenakan peci warna hitam, kemeja putih lengan panjang, dan celana panjang warna hitam. Salat magrib itu pun banyak diikuti oleh warga.

Beberapa warga mengabadikan momen Jokowi salat tersebut lewat kamera ponsel mereka. Seusai salat, warga berkumpul dan berbaris untuk menyapa serta bersalaman dengan Jokowi. Banyak juga dari mereka yang mengajak untuk berfoto bersama dan dilayani oleh Jokowi.

Setelah salat, Jokowi langsung menuju Maluku Citi Mall, Kota Ambon. Kehadiran Jokowi membuat ramai suasana mal yang cukup ramai dikunjungi warga itu.

Banyak warga yang berebut untuk bersalaman dan berfoto bersama Jokowi. Ia pun melayani beberapa di antaranya. Jokowi terus berkeliling mal. Ia kemudian singgah ke restoran makanan Mister Baso. Jokowi mengajak Pramono, Basuki, Johan Budi, dan Gubernur Maluku untuk makan bakso bersama.

Jokowi memesan satu gelas es teh manis dan semangkok bakso. Mereka makan sambil berbincang-bincang. Tidak diketahui apa saja yang dibahas dalam perbincangan itu.

Setelah makan bakso, Jokowi kemudian menuju toko buku Gramedia. Di sana, Jokowi melihat-lihat buku. Dia pun memutuskan membeli dua buku, yakni ‘Asal-usul Kota di Indonesia’ karya Zaenudin MH dan buku novel ‘Supernova’ karya Dewi Lestari.

“Tadi saya ingin ngerti, misalnya asal-usul Kota Ambon, Kota Balikpapan, Banda Aceh, Kendari, Jayapura, Jambi, Dumai, Depok, Denpasar, Malang, Manado, Mamuju, ya untuk bacaan. Sama yang satu lagi, bukunya Dewi Lestari,” kata Jokowi.

“Karena kita tahu, rakyat kita kesukaan pada bacaan itu memang masih tergolong rendah, perlu diinjeksi lagi sehingga meningkat,” tambahnya.

Uniknya, saat Jokowi ditanyai para wartawan di toko buku itu, Menteri Basuki mengambil sebuah gitar dan memainkannya. Pramono Anung, yang melihat Hadi, mengikutinya sambil bernyanyi. Disusul oleh Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, yang juga memainkan gitar.

Melihat hal itu, Jokowi pun mempersilakan wartawan untuk menyaksikan aksi mereka. “Gantian sekarang, tanya mereka,” kata Jokowi tersenyum.

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

BALAGU.COM - Berita Informasi Maluku