Published On: Thu, Oct 27th, 2016

PANTAS akan Wujudkan Pasar & Terminal yang Layak

big_14736123214557Pasangan balon Wa­­li­kota dan Wakil Wa­li­kota Ambon pe­ri­ode 2017-2022, Pau­lus Kasta­nya – MAS La­tucon­sina telah men­so­sialisasikan program pro rakyat ke lima keca­mat­an di Kota Ambon.

Satu dianta­ranya adalah me­wujudkan pasar dan terminal yang layak serta me­wujudkan harga ke­butuhan pokok yang terjangkau.

“Nantinya akan dilakukan revitalisasi dan optimalisasi pasar tradisional di keca­ma­tan, revitalisasi pasar Mardika menjadi pasar tradisional mo­dern, memaksimalkan fungsi pasar dan terminal Transit Passo, serta menata dan me­ngelola terminal sesuai fungsi pelayanannya,” jelas calon Walikota Ambon Paulus Kas­tanya kepada Siwalima di Ambon, Rabu (26/10).

Dijelaskan, selain  mewu­judkan pasar dan terminal yang layak, program Pro Rakyat yang akan dilakukan oleh pasangan yang dikenal dengan akronim PANTAS ini adalah mewujudkan pencip­taan lapangan kerja yang luas karena saat ini di Kota Ambon terdapat 35 ribu orang pengangguran.

“Untuk mewujudkan pen­cip­taan lapangan kerja maka akan dilatih 5.000 orang pen­cari kerja, bantuan penguatan kapasitas bagi 500 home industri, optimalisasi layanan prima perizinan hanya selama empat hari dan penguatan ekonomi kreatif,” jelasnya.

Program lainnya, menurut mantan Kadis Sosial Provinsi Maluku itu, adalah mewu­judkan pendidikan dan kese­hatan yang berkualitas yaitu ada beasiswa bagi 1.000 pelajar dan mahasiswa.

“Layanan kesehatan akan diberikan kesehatan repro­duksi (KESPRO) gratis bagi anak dan remaja perempuan di semua Puskesmas serta layanan visum et repertum gratis bagi korban KDRT dan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Ambon,” ungkapnya.

Ditambahkan. PANTAS jika dipercayakan memimpin Kota Ambon akan melakkan pe­ngen­dalian harga kebutuhan pokok. “Pemerintah akan melakukan operasi pasar dan pengaturan jalur distribusi barang (pengangkutan dan pergudangan),” ujarnya.

Pasangan PANTAS yang mendapatkan nomor urut 2, diusung oleh PDIP ber­ko­alisi dengan Gerindra, Demokrat, Hanura, PKB, PBB, PKS dan PAN. (Siwalima)

 

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>