Published On: Sun, Apr 23rd, 2017

Partisipasi Masyarakat MTB Menabung Masih Rendah

Share This
Tags

Kepala Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Saumlaki, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Subagio menyatakan, berdasarkan data partisipasi masyarakat di daerah ini dalam menabung di bank tersebut masih terbilang rendah.

“Padahal, banyak sekali kemudahan dan manfaat yang bisa diterima masyarakat dalam memperbaiki kesejahteraan keluarga, jika menabung dan berinvestasi di BRI,” katanya di Saumlaki, Sabtu (22/4).

Ia merujuk jumlah penduduk di MTB sekitar 108.000 jiwa, sementara nasabah BRI di seluruh wilayah kabupaten itu baru mencapai 39.000 orang, atau 36 persen.

“Itu berarti masyarakat perlu disemangati untuk menabung,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi, BRI telah memperluas jaringan di wilayah MTB dan Maluku Barat Daya (MBD) dengan membuka lima kantor unit, 20 Anjungan Tunai Mandiri (ATM), serta menargetkan tercapainya program satu desa satu BRI-Link.

Saat ini ada sejumlah fasilitas yang telah disediakan untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi, antara lain E-banking dan SMS notifikasi.

Subagio juga menyatakan bahwa masyarakat dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat sebagai peluang usaha untuk kemandirian usaha dan perekonomian.

“Kemarin, kami juga memberikan sosialisasi tentang Gerakan Ayo Manabung dalam pertemuan yang digelar Badan Koordinasi Kehumasan Daerah (Bakohumasda) Kabupaten Maluku Tenggara Barat,” katanya.

Gerakan Ayo Menabung merupakan bagian dari penerapan Peraturan Presiden RI nomor 82 tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

Gerakan itu dilakukan guna membangkitkan kembali budaya menabung dan investasi masyarakat, antara lain dengan memperkenalkan berbagai produk layanan lembaga jasa keuangan formal sebagai sarananya.(tribunmaluku)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>